• Jelajahi

    Copyright © BendPark - Referensi Wisata Terkini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pasar Beringharjo Yogyakarta: Lokasi, Jam Buka dan Kuliner-Nya

    16/10/2023, 15:45 WIB Last Updated 2024-09-12T08:34:41Z

    Pasar Beringharjo - menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi wisatawan ketika berkunjung ke Jogja, khususnya Jalan Malioboro. Di tempat ini kamu bisa membeli berbagai barang menarik dengan harga murah yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Jogja.


    Popularitas pasar tradisional Jogja ini bahkan sudah ada sejak masa penjajahan Belanda, beserta bangunan bersejarah lainnya. Letaknya yang strategis membuat pasar ini selalu ramai dikunjungi pengunjung, tidak hanya wisatawan lokal saja, namun juga wisatawan mancanegara.

    pasar beringharjo

    Banyak paket Jogja yang ditawarkan oleh perusahaan travel yang memasukkan Pasar Beringharjo sebagai salah satu destinasi dalam itinerary mereka. Namun di balik itu semua, pasar ini menyimpan banyak nilai sejarah dan hal menarik yang menjadikannya istimewa, berikut beberapa di antaranya:


    Sejarah Pasar Beringharjo

    sejarah pasar beringharjo

    Saat Keraton Yogyakarta dibangun pada tahun 1758, pasar ini masih berupa hutan beringin lebat yang dijadikan tempat berdagang seadanya, loh. Masyarakat masih melakukan pembelian dan penjualan secara sederhana, tanpa kios atau sejenisnya.


    Baru pada tahun 1925, atas perintah Keraton Yogyakarta dan Perusahaan Beton Hindia Timur Belanda Nederlandsch Indisch Beton Maatschappij, beberapa kios dibangun. Pembangunan ini dimulai pada tanggal 24 Maret dan pada tanggal 11 Agustus, kios-kios tersebut berhasil dibangun, disusul dengan bagian bangunan lainnya.


    Pada tanggal 24 Maret, Sri Sultan Hamengkubuwono VIII resmi menamai pasar tersebut Beringharjo. Namanya berasal dari kata bering atau pohon beringin dan harjo atau sejahtera yang secara harafiah berarti pohon beringin yang membawa kemakmuran.


    Nama Beringharjo juga sangat cocok dengan sejarah pasar yang dulunya merupakan hutan beringin ini. Selain itu, pohon beringin juga menjadi simbol yang cocok untuk menunjukkan kemakmuran dan melindungi seluruh masyarakat.


    Jam Buka Pasar Beringharjo


    Pasar Beringharjo buka mulai pukul 05:00 WIB s/d 17:00 WIB setiap hari kecuali Selasa Wage. Namun di luar jam tersebut, kamu tetap bisa berbelanja ke pasar karena banyak pedagang yang masih buka.


    Misalnya Pasar Sore Malioboro dan Pasar Senthir yang buka dari sore sampai dengan malam hari. Jika ingin berkunjung, usahakan datang saat musim kemarau agar bisa nyaman berjalan-jalan tanpa perlu khawatir kehujanan saat berbelanja.


    Tanyakan juga kepada supir tempat rental bus Wisata Jogja yang kamu gunakan untuk parkir di sekitar Pasar Beringharjo agar memudahkan kamu. Dengan begitu, kamu tidak perlu berjalan terlalu jauh dari tempat parkir untuk menuju pasar.


    Rute Menuju Lokasi Pasar Beringharjo

    rute menuju lokasi pasar beringharjo

    Destinasi wisata ini terletak di Pasar Beringharjo dekat dengan berbagai tempat wisata populer di Jogja seperti Malioboro, Taman Pintar dan Benteng Vredeburg. Tepatnya berlokasi di 16 Jalan Margo Mulyo, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta.


    Untuk mencapai pasar ini cukup mudah karena berlokasi di antara jalan utama kota Jogja. Cukup gunakan navigasi dari Google Maps dengan masuk ke titik Pasar Beringharjo, kamu bisa menemukan rute terbaik menuju lokasi tersebut.


    Kamu juga bisa menyewa jasa supir dari agen rental mobil Innova Venturer Jogja yang siap mengantarkan kamu langsung ke tujuan. Dengan begitu kamu bisa berbelanja dengan mudah tanpa harus berjalan kaki atau mencari petunjuk arah ke Pasar Beringharjo.


    Nilai Filosofis dan Arsitektur Pasar Beringharjo


    Ternyata Beringharjo juga mempunyai nilai-nilai filosofis luhur selain sejarahnya yang panjang mencakup tiga masa kerajaan, kolonialisme, dan kemerdekaan. Pembangunan pasar ini merupakan bagian dari rencana tata ruang Keraton Catur Tunggal dengan istana, alun-alun, dan masjid besar.


    Bentuk bangunan perpaduan gaya kolonial Belanda dan arsitektur Jawa terlihat dari pintu masuk utama. Tepat di pintu masuk pasar ini terdapat tulisan Pasar Beringharjo dengan huruf Jawa dan Latin di bagian atasnya.


    Pintu depan menghadap ke barat menuju Jalan Malioboro dan terdapat dua ruangan di kiri dan kanan lorong. Ruangan ini saat ini digunakan sebagai kantor pengelola pasar dan pusat informasi bagi wisatawan yang berkunjung.


    Pasar di Jalan Malioboro ini mempunyai dua bangunan utama, satu di sebelah barat dan satu lagi di sebelah timur. Gedung Barat memiliki dua lantai, sedangkan gedung Timur memiliki tiga lantai.


    Setiap lantai menawarkan berbagai jenis produk, mulai dari batik, makanan ringan, rempah-rempah, kebutuhan sehari-hari, suvenir, dan barang antik. Dengan luas 2,5 hektar, kamu bisa berkeliling dan berbelanja barang-barang menarik dan murah untuk dibawa pulang.


    Barang Menarik di Pasar Beringharjo

    barang menarik di pasar beringharjo

    Pasar yang biasa dikenal dengan nama pasar Malioboro ini memiliki banyak barang menarik yang dijual di setiap lantainya. Barang-barang yang dijual juga telah dikelompokkan berdasarkan lokasi sehingga kamu dapat lebih mudah menemukannya, dan berikut beberapa di antaranya:


    Batik dan Pakaian Khas Jogja


    Pasar Beringharjo Yogyakarta sangat terkenal sebagai salah satu pusat perdagangan batik terlengkap di Jogja. Berbagai macam bentuk dan jenis batik menarik bisa kamu temukan hampir di seluruh lantai satu gedung Pasar Barat.


    Bahan batik yang dijual juga sangat beragam, mulai dari bahan katun hingga sutra mahal untuk acara-acara khusus. Bagi yang ingin membeli kebaya batik khas Jogja atau lurik surjan Jogja juga bisa menemukannya di sini.


    Kamu bisa menemukan harga mulai dari beberapa ribu hingga beberapa juta rupiah tergantung jenis barangnya. Lantai 1 Pasar Beringharjo bisa menjadi tempat yang cocok bagi kamu yang ingin membeli oleh-oleh berupa batik.


    Sandal dan Sepatu


    Di sekitar eskalator dan tangga menuju lantai 2 gedung barat Pasar, kamu akan banyak menjumpai pedagang sepatu. Kios-kios tersebut berjejer dan menjual berbagai macam sepatu, mulai dari sepatu formal seperti pantofel hingga sepatu modis dan tradisional.


    Sandal yang bisa kamu beli juga sangat beragam dan tersedia untuk segala usia. Kamu bisa membeli sandal dalam jumlah banyak namun harga di kawasan ini masih sangat bersahabat.


    Bahkan tak jarang pedagang dari luar provinsi sengaja membeli sandal murah asal Beringharjo untuk dijual kembali. Dengan melakukan hal ini kamu bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan.


    Baju Kaos


    Bagi kamu yang sedang mencari baju dan kaos murah khas Jogja kamu bisa mengunjungi gedung lantai 2 sisi barat. Di lantai ini tersedia berbagai pilihan pakaian anak-anak maupun dewasa, baik pakaian kasual maupun formal seperti seragam dan kemeja.


    Lalu untuk kaos, desain kaos yang tersedia biasanya yakni kaos khas Jogja dengan gambar dan tulisan-tulisan menarik tentang Jogja. Sangat cocok dijadikan oleh-oleh dan oleh-oleh setelah anda puas berlibur dan bermain di Jogja.


    Souvenir dan Kerajinan Tangan

    souvenir dan kerajinan tangan di pasar beringharjo

    Pindah ke gedung Barat, di lantai lain kamu akan menemukan banyak suvenir dan perhiasan dengan harga istimewa. Barang-barang dari tempat ini bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh pernikahan atau oleh-oleh perjalanan.


    Kamu bisa membeli gantungan kunci, kerajinan tangan, mug, taplak meja, kipas angin dan barang lainnya secara grosir dan eceran. Banyak pasangan yang kerap mengunjungi lantai satu Pasar Beringharjo untuk membeli oleh-oleh murah untuk pernikahan mereka.


    Bahan Pokok dan Jajanan


    Selain oleh-oleh di lantai 1 sebelah timur, kamu juga akan banyak menemukan kios-kios yang menjual jajanan dan masakan khas Jogja. Jajanan ini bisa kamu beli untuk dinikmati sambil berjalan-jalan atau bersantai setelah berbelanja.


    Penjual jajanan ini juga bisa kamu temukan di luar pasar dekat Jalan Malioboro dan biasanya buka hingga malam hari. Jika melangkah lebih jauh ke timur, kamu juga bisa membeli berbagai kebutuhan pokok seperti beras, sayur mayur, daging dan lain-lain.


    Rempah dan Bumbu Dapur


    Naik ke lantai 2 pasar timur, aroma khas rempah dan bahan masakan tercium dengan sangat jelas. Di sini kamu bisa membeli berbagai macam bumbu mentah dan siap pakai seperti bumbu merah, bumbu kuning dan lain-lain.


    Kamu juga bisa membeli bumbu-bumbu segar seperti kapulaga, kemiri, cengkeh dan beberapa bumbu lainnya di lantai 2. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang suka memasak dan membutuhkan bumbu murni tanpa perlu khawatir saat berbelanja di sekitar pasar.


    Barang Antik dan Dekorasi Rumah


    Berada di lantai atas Pasar Beringharjo, inilah tempat yang tepat bagi kamu pecinta barang antik dan kerajinan menarik. Ada banyak dekorasi rumah, baik antik maupun buatan tangan, di lantai ini.


    Barang antik ini juga bisa kamu temukan di luar pasar, termasuk Pasar Sore Malioboro yang juga menjual barang antik. Koleksi perak kuno, lampu antik, dan barang menarik lainnya bisa kamu beli dengan harga terjangkau.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini