• Jelajahi

    Copyright © BendPark - Referensi Wisata Terkini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Candi Borobudur: Sejarah, Harga Tiket Masuk dan Lokasi-Nya

    16/10/2023, 13:02 WIB Last Updated 2024-09-12T08:39:19Z

    Candi Borobudur - Siapa yang tidak mengenal destinasi wisata yang sangat populer ini? menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh semua wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Keindahan dan Kemegahan candi yang telah berusia ribuan tahun ini menjadi daya tarik tersendiri yang menjadikannya istimewa.

    candi borobudur

    Banyak hal yang bisa kamu dapatkan dengan berkunjung ke Candi Borobudur, mulai dari menambah pengetahuan hingga keseruan bersama teman maupun keluarga. Belum lagi lokasinya yang tidak terlalu jauh dari beberapa tempat Wisata Jogja menjadikannya destinasi wisata favorit Jawa Tengah.


    Sejarah Candi Borobudur

    sejarah candi borobudur

    Candi Borobudur adalah candi Budha yang didirikan pada abad ke-7 pada masa Dinasti Syailendra. Pembangunan candi ini pada masa itu berfungsi sebagai tempat peribadatan dan ziarah bagi umat Buddha.


    Menurut catatan sejarah, pembangunan candi terbesar di Indonesia ini memakan waktu sekitar 60 tahun. Tepatnya pada tahun 780 hingga 840 M pada masa pemerintahan Raja Syailendra hingga masa pemerintahan putrinya, Ratu Pramudawardhani.


    Setelah hilangnya Dinasti Syailendra dan candi ini, Sir Thomas Stamford Raffles menemukan kembali warisan budaya ini pada tahun 1814. ia, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal, memerintahkan penggalian dan selesai pada tahun 1835.


    Baru pada tahun 1973 pemerintah Indonesia bekerja sama dengan UNESCO melakukan pemugaran besar-besaran terhadap candi. Sejak saat itu, Candi Borobudur dibuka kembali sebagai pusat ziarah dan peribadahan umat Buddha, selain sebagai objek wisata.


    Rute Menuju Lokasi Candi Borobudur


    Destinasi wisata ini berlokasi di daerah Magelang tepatnya di Jalan Badrawati, area Candi Borobudur, Borobudur, Magelang. Jaraknya pun tidak terlalu jauh dari perbatasan Jogja, hanya sekitar 23 km dengan waktu tempuh kira-kira 35 menit.


    Kamu dapat menggunakan jasa sewa mobil hiace Premio Jogja atau alat transportasi lainnya untuk menuju lokasi candi. Cukup gunakan bantuan navigasi Google Maps dan kamu akan mendapatkan rute terbaik dan tercepat menuju tempat wisata ini.



    Jam Buka Candi Borobudur


    Mengenai jam berkunjung, Borobudur buka setiap hari mulai pukul 06:30 WIB hingga 16:30 WIB. Namun waktu terbaik berkunjung biasanya pada pagi hari sebelum pukul 09:00 WIB jika ingin menikmati udara sejuk.


    Hari Jam Buka
    Senin – Minggu 06.30 WIB – 16.30 WIB

    Arsitektur Candi Borobudur


    Bangunan candi Borobudur mempunyai sekitar 72 stupa, 504 arca Buddha, dan 2.672 relief hias di setiap sisinya. Bentuk candi ini berbeda dengan candi pada umumnya karena mempunyai banyak lantai dan jalan setapak di  keempat penjuru.


    Keunikan arsitektur bangunannya membawa nilai filosofis tersendiri terkait kehidupan spiritual manusia. Nilai-nilai filosofis tersebut terlihat pada relief-relief yang terdapat pada kawasan tingkat candi seperti kawasan Kamadhatu, Arupadhatu dan Rupadhatu.


    Zona Kamadhatu


    Bagian terendah candi Borobudur melambangkan kehidupan manusia yang masih sangat terikat dengan dunia. Relief Kamadhatu juga melambangkan kehidupan nafsu jahat orang-orang yang suka memperkosa, mencuri, membunuh dan lain sebagainya.


    Zona Rupadhatu


    Naik empat tingkat lantai menuju puncak candi, kamu mulai memasuki kawasan Rupadhatu, simbol alam peralihan. Di tempat ini manusia terbebas dari nafsu duniawi namun tetap hidup dan hidup di dunia.


    Zona Arupadhatu


    Tingkat tertinggi kehidupan manusia terwakili dalam kawasan arupadhatu yang berbentuk lingkaran dan melambangkan rumah Tuhan. Di area ini terdapat patung Buddha di dalam stupa, tempat tersuci Candi Borobudur.


    Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

    harga tiket masuk candi borobudur

    Harga Tiket Masuk di area Borobudur masih terjangkau karena hanya berkisar 25 ribu – Rp50 ribu rupiah per orang. Biaya tersebut biasanya belum termasuk biaya asuransi sekitar 500 rupiah per orang, berikut rinciannya:


    Retribusi Tarif
    Wisatawan Lokal Dewasa Rp50.000,00
    Wisatawan Lokal Anak-anak Rp25.000,00
    Wisatawan Lokal Rombongan Sekolah / Kampus (minimal 20 orang) Rp25.000,00
    Tambahan Premi Asuransi Rp500,00
    Tiket Terusan Borobudur Prambanan Dewasa Rp75.000,00
    Tiket Terusan Borobudur Prambanan Anak-anak Rp35.000,00
    Tiket Terusan Borobudur Ratu Boko Dewasa Rp75.000,00
    Tiket Terusan Borobudur Ratu Boko Anak-anak Rp35.000,00
    Parkir Mobil Rp10.000,00
    Parkir Motor Rp5.000,00

    Harga pada tabel dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola tempat wisata. Namun, daftar ini bisa kamu jadikan sebagai bagian perkiraan dan pertimbangan biaya sebelum mengunjungi Candi Borobudur.


    Nikmati juga kemudahan mengunjungi berbagai tempat menarik di Jogja dan sekitarnya dengan memanfaatkan paket liburan Jogja dari travel atau biro perjalanan wisata. Paket ini akan mengajak kamu merasakan liburan yang mudah, murah dan tentunya menyenangkan.


    Aktivitas Menarik di Candi Borobudur

    aktivitas menarik di candi borobudur

    Selain menjadi tempat ibadah umat Buddha saat Waisak, Candi Borobudur juga menyimpan banyak hal menarik. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi candi terbesar di negara Indonesia ini:


    Menikmati Sunrise Candi Borobudur


    Salah satu aktivitas menarik di Borobudur tentunya yakni menyaksikan matahari terbit, terutama bagi kamu yang gemar berfoto. Ada banyak spot melihat matahari terbit di pura ini yang bisa kamu pilih, salah satunya Punthuk Setumbu.


    Dari sini kamu bisa menyaksikan momen matahari terbit di sebelah timur candi yang masih diselimuti kabut. Kamu juga bisa menikmati momen indah ini dari beberapa hotel di sekitar Borobudur yang memiliki pemandangan Borobudur.


    Berkeliling Menggunakan Odong-odong


    Apabila kamu tidak ingin merasa lelah berjalan-jalan di sekitar kawasan pura, pihak pengelola telah menyiapkan odong-odong untuk membantu kamu berkeliling. Dengan menaiki kereta mini, kamu bisa menjelajahi berbagai tempat menarik peninggalan budaya ini seperti kawasan Taman Lumbini.


    Selain Taman Lumbini, kamu juga akan diajak melewati kandang gajah yang ada di area pura. Menjalani wisata odong-odong memang merupakan suatu hal yang menyenangkan, terutama bagi anak-anak.


    Mengunjungi Museum Candi


    Kamu tidak hanya dapat mengagumi keindahan candi tetapi kamu juga dapat mempelajarinya dari berbagai museum yang tersedia di kawasan candi. Salah satu museum yang wajib kamu kunjungi adalah Museum dan Galeri Seni Borobudur Indonesia atau Museum GUSBI yang unik.


    Di dalamnya terdapat banyak artefak unik yang memecahkan rekor Indonesia, sehingga banyak orang yang menyebut museum ini Museum MURI. Tak jauh dari museum ini, kamu juga bisa mengunjungi Museum Borobudur Karmawibhangga yang banyak menyimpan sejarah Borobudur.


    Fasilitas Wisata di Candi Borobudur


    Sebagai tempat wisata berstandar internasional, fasilitas Kawasan Wisata Candi Borobudur sangat lengkap dan khas:


    • Hotel
    • Restoran
    • Tour Guide
    • Toilet
    • Area parkir luas
    • Toko souvenir, oleh-oleh khas Jogja dan Magelang

    Candi Borobudur bisa menjadi destinasi menarik bagi kamu yang berwisata bersama keluarga maupun rombongan. Nilai sejarah dan edukasinya membuat kamu bisa memperluas pengetahuan selama berlibur, tentunya dengan cara yang menarik.


    Jadikan liburan kamu semakin menyenangkan dengan layanan yang ditawarkan oleh travel atau biro perjalanan wisata. Dengan tersedianya paket wisata Jogja dan layanan lainnya, liburan kamu pasti akan berjalan lancar tanpa harus khawatir ini dan itu.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini