• Jelajahi

    Copyright © BendPark - Referensi Wisata Terkini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Taman Pintar Jogja: Tiket Masuk, Sejarah dan Lokasi-Nya

    04/07/2023, 17:57 WIB Last Updated 2024-09-12T10:19:12Z

    Taman Pintar Jogja tentunya sangat dekat dan familiar bagi para pengunjung Jogja khususnya anak-anak. Ini juga salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi saat study tour berlansung selain Malioboro.


    Anak-anak dapat bermain di sini dengan berbagai alat peraga sains yang menyenangkan untuk belajar dan bersenang-senang. Dengan begitu, mengunjungi destinasi ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan pengalaman liburan yang bermanfaat selama berada di Jogja.

    taman pintar jogja

    Kamu bisa mengunjungi objek wisata ini dengan menggunakan paket Wisata Jogja yang disediakan oleh sebuah biro perjalanan. Namun sebelum berkunjung, yuk simak dulu beberapa hal menarik yang bisa kamu dapatkan dari Taman Pintar Jogja berikut ini.


    Sekilas Tentang Taman Pintar Jogja


    Taman Pintar sudah ada sejak tahun 90-an dan menjadi sarana untuk meningkatkan kreativitas anak dalam memahami teori yang diajarkan. Hal ini sepenuhnya sejalan dengan keinginan para pendirinya untuk memberikan pendidikan sains yang lebih baik bagi anak-anak dari SD hingga SMA.


    Tempat wisata ini dibangun di kawasan gedung Shopping Center lama yang masih terhubung dengan benteng Vredeburg dan taman budaya. Relokasi itu dilakukan pada tahun 2004 dan berlanjut dengan pengembangan bertahap.


    Pembangunan tahap pertama selesai pada tahun 2006 dan membuat taman bermain dan bangunan PAUD di sisi timur dan barat. Kemudian tahap kedua yang diresmikan tahun 2007 berhasil membangun gedung oval dan gedung kotak satu lantai.


    Selanjutnya ditahap terakhir, gedung kotak tiga lantai sukses dibangun dan diresmikan lansung pada tahun 2008 oleh Presiden Republik Indonesia. Sejak saat itu, taman ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai sekolah dan luar daerah yang ada di Indonesia pada saat hari libur tiba.


    Harga Tiket Masuk Taman Pintar Jogja

    harga tiket masuk taman pintar jogja

    Tarif masuk ke Taman Pintar tidak terlalu mahal, apalagi jika kamu berwisata dengan rombongan anak-anak. Hanya dengan beberapa ribu rupiah kamu sudah bisa bergabung dan menikmati berbagai permainan yang tersedia.


    Retribusi Anak Dewasa
    Gedung Oval dan Kotak Rp. 12.000 Rp. 20.000
    Planetarium Rp. 22.000 Rp. 22.000
    PAUD Barat / Timur Rp. 3.000
    Wahana Bahari (Kapal Boat Mini) Rp. 6.000 Rp. 6.000
    Lalu Lintas (3 – 7 Tahun) Rp. 12.000
    Kreasi Batik Rp. 18.000
    Kreasi Gerabah Rp. 13.000
    Lukis Kaos Rp. 45.000
    Lukis Gerabah Rp. 15.000
    Teater 4D Rp. 15.000 Rp. 20.000
    Dino Adventure Rp. 20.000 Rp. 25.000
    Hand on Science Rp. 10.000 Rp. 10.000
    Presenter TV Rp. 15.000 Rp. 15.000

    Harga yang dipaparkan pada tabel bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola. Namun, daftar ini bisa dijadikan panduan perkiraan biaya dan pertimbangan sebelum mengunjungi Taman Pintar.


    Kamu juga bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di Jogja dengan menggunakan paket perjalanan dari biro perjalanan. Dari paket ini kamu bisa menikmati kenyamanan berlibur dan mendapatkan kenangan khas Jogja yang kamu inginkan dengan cara yang lebih hemat.


    Rute Menuju Lokasi Taman Pintar


    Taman pintar berlokasi di Jalan Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, kota Yogyakarta. Letaknya sangat dekat dengan Benteng Vredeburg, Pasar Beringharjo, Malioboro, Keraton, Pusat Belanja Buku dan Taman Budaya.


    Untuk menuju destinasi wisata ini kamu bisa mengandalkan navigasi Google Maps yang akan menunjukkan rute terbaik menuju Taman Pintar. Kamu juga bisa memanfaatkan jasa supir dari rental mobil Jogja alphard yang siap mengantarkan kamu langsung ke lokasi.



    Jam Buka Taman Pintar


    Destinasi wisata ini mulai dibuka pada pukul 08.30 WIB hingga pukul 15.30 WIB setiap hari kecuali hari Senin.


    Kawasan dan Wahana Menarik Taman Pintar Jogja


    Ada banyak wahana permainan menarik yang bisa kamu jelajahi di kawasan destinasi wisata edukasi ini, mulai dari taman bermain hingga akuarium. Berikut beberapa area dan permainan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Taman Pintar:


    Gedung Oval


    Area pertama yang harus kamu coba adalah bangunan oval yang menampung berbagai alat peraga sains yang didedikasikan untuk astronomi dan geografi. Di gedung ini, kamu bisa menemukan dan menjajal generator pedal, peraga cuaca dan iklim, serta peraga tata surya yang keren.


    Apalagi di dalam gedung juga terdapat terowongan ilusi dan akuarium air tawar besar berisi ikan-ikan cantik. Ruang ini sangat cocok untuk anak-anak belajar astronomi dan geografi melalui materi pembelajaran yang ada.


    Gedung Kotak


    Bangunan kotak adalah salah satu area terbesar di tempat wisata ini dengan tiga lantai berbeda yang dapat kamu kunjungi. Wahana permainan di dalam kotak fokus pada pengetahuan umum dan sejarah, seperti tentang Indonesia, olahraga, dan lainnya.


    Di area ini, kamu juga bisa menonton film 4D di bioskop khusus yang telah disediakan. kamu bisa mengetahui banyak informasi menarik mulai dari penyelenggaraan pemilu, KPK, hingga senjata nuklir yang ada di kotak gedung.


    Science Theater


    Gedung selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah gedung audio visual yang mampu menampung sekitar 50-60 tamu. Di dalam gedung ini, wisatawan dapat menyaksikan pemutaran film bertema sains serta demonstrasi yang menarik.


    Tempat ini juga sering menjadi tempat diselenggarakannya seminar dan presentasi selama kunjungan. Science Theatre terletak di dekat area perpustakaan, tepatnya di sisi barat Taman Pintar.


    Zona Perpustakaan


    Layaknya perpustakaan pada umumnya, di kawasan ini kamu bisa membaca berbagai macam buku menarik tentang sains dan ilmu-ilmu lainnya. Ada juga beberapa komputer yang bisa diakses pengunjung untuk mencari informasi berupa kartun-kartun menarik.


    Seminggu sekali biasanya ada pertunjukan boneka tangan yang bisa dinikmati semua orang. Selain menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, menyambangi kawasan perpustakaan di Taman Pintar bisa menjadi pengalaman yang cukup baru.


    Area Playground

    area playground di taman pintar jogja

    Area dari Taman Pintar tidak hanya difungsikan untuk tanaman atau pohon saja, tetapi juga memiliki wahana permainan menyenangkan yang bisa kamu coba. Misalnya water dance, song report, swing, katerol, electric peace dengan gong semua ada.


    Setiap wahana di taman bermain ini bertema sains dan bisa dinikmati pengunjung secara gratis. Kawasan ini juga menjadi salah satu daya tarik sebagian wisatawan ke Taman Pintar.


    Wahana Kampung Kerajinan


    Beranjak ke area selanjutnya, ada wahana bernama Kampung Kerajinan yang memungkinkan pengunjung membuat berbagai jenis kerajinan. Pengunjung disini bisa belajar menggambar, membatik, membuat gerabah hingga menghias kaos dan gerabah.


    Hasil dari Kreasi kamu di sini juga bisa dibawa pulang atau dipajang di Galeri Kerajinan Kampung. Mencoba media ini dapat melatih kreativitas anak dalam seni dan kreatifitas tanpa ada tekanan saat bersenang-senang.


    Gedung Paud


    Untuk anak usia 2 hingga 7 tahun, kamu bisa mengunjungi dua gedung PAUD di Taman Pintar. Di dalam gedung ini terdapat banyak alat peraga interaktif khusus untuk anak kecil dengan konsep bermain.


    Gedung ini juga menyediakan ruang laktasi bagi ibu menyusui yang ingin menyusui. Fasilitas yang ramah anak membuat gedung paud sangat cocok untuk dikunjungi oleh anak-anak usia TK.


    Wahana Planetarium


    Selain dari alat - alat peraga astronomi, di situs ini kamu juga bisa menyambangi planetarium kecil yang menampilkan panorama langit Jogja. Pemandangannya dari proyeksi digital di langit-langit berkubah di dalam planetarium.


    Proyektor ini juga sering digunakan untuk menayangkan film tentang pendaratan manusia di bulan kepada pengunjung. Kamu bisa berbaring dengan nyaman sambil menikmati pemandangan langit malam atau film di planetarium.


    Wahana Bahari

    wahana bahari di taman pintar jogja

    Selain itu, di sekitar taman bermain terdapat sungai dan kolam kecil buatan yang bisa dijadikan tempat bermain air. Sungai kecil tersebut merupakan jalur perahu mini berkapasitas 2 orang dengan berat maksimal 100 kg.


    Kamu bisa membawa anak-anak dan merasakan serunya bermain air di atas perahu mini dengan berbagai bentuk. Selain perahu kecil, kamu juga bisa memberikan pakan ikan kecil di kolam atau sungai.


    Selain kawasan tersebut, masih banyak kawasan lain yang bisa kamu jelajahi seperti food court yang menjual masakan khas Jogja. Apapun bidang yang kamu pilih, ilmu dan semangat yang kamu peroleh bisa menjadi hal yang membanggakan.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini