• Jelajahi

    Copyright © BendPark - Referensi Wisata Terkini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Stonehenge Jogja: Lokasi, Jam Buka dan Harga Tiket-Nya

    10/10/2023, 02:20 WIB Last Updated 2024-09-12T09:06:23Z

    Stonehenge Jogja - Yogyakarta mempunyai segudang destinasi wisata yang unik dan menarik. Tempat wisata yang admin paparkan ini salah satunya. Destinasi wisata ini bukanlah pantai ataupun pura.


    Destinasi wisata ala Eropa di Jogja ini cukup unik karena terbuat dari bebatuan raksasa yang disusun sedemikian rupa membentuk kusen pintu raksasa.

    stonehenge jogja

    Keindahan tempat ini menjadikannya destinasi wisata favorit masyarakat Jogja dan sekitarnya. Apa sih istimewanya tempat ini? Simak ulasan Stonehenge Jogja berikut ini.


    Sejarah Stonehenge Jogja

    sejarah stonehenge jogja

    Pernahkah kamu mendengar tentang Stonehenge? Nah, Stonehenge merupakan sebuah bangunan yang berasal dari Zaman Perunggu dan Zaman Neolitikum dan terletak di Wiltshire, Inggris.


    Namun Indonesia juga punya komplek wisata serupa dan tak kalah menariknya, yakni Stonehenge Jogja. Stonehenge Jogja berasal dari letusan Gunung Merapi di tahun 2010 lalu.


    Area wisata ini berupa rerumputan hijau seluas sekitar 200 meter persegi dan dipenuhi bebatuan raksasa. Walaupun dibuat oleh tangan manusia, kumpulan batu ini sangat mirip dengan Stonehenge asli di Inggris.


    Batu tersebut tingginya sekitar 4 meter dan tentunya sangat besar untuk ukuran sebuah batu. Banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk berfoto sebagai background foto dan juga kenang-kenanganan.


    Jam Operasional Stonehenge Jogja


    Stonehenge Jogja ini dibuka setiap hari Senin hingga Minggu. kamu juga bisa berkunjung pada saat akhir pekan atau weekend.


    Jam bukanya yakni pukul 07:00 - 17:00 WIB. Jangan khawatir jika ingin bermalam, karena di Yogyakarta banyak terdapat hotel bintang 3 murah dengan fasilitas lengkap.


    Lokasi dan Rute Menuju ke Stonehenge Jogja

    lokasi dan rute menuju ke stonehenge jogja

    Stonehenge Jogja terletak di Trutan, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat juga tempat bersantai dengan pemandangan indah di sekitarnya, seperti kafe Merapi yang terkenal.


    Untuk menuju ke sana, kamu bisa menggunakan transportasi pribadi atau umum. Aksesnya juga mudah untuk dilewati.


    Tempat ini berjarak sekitar 30 km sebelah utara Yogyakarta. Jika memulai dari pusat kota, kamu bisa melalui Gejayan hingga Jalan Kaliurang.


    Apabila masih bingung, kamu bisa menggunakan peta digital atau Google Maps. Selain itu, kamu juga bisa bertanya-tanya kepada penduduk setempat yang lewat untuk mengunjungi tempat ini.


    Salah satu pilihan bagi kamu yang ingin berwisata ke lokasi ini adalah dengan menggunakan jasa sewa mobil Avanza Sleman harian yang di tawarkan oleh biro perjalanan wisata atau travel. Perjalanan kamu tentunya akan lebih mudah dan tentunya aman.



    Harga Tiket Masuk Stonehenge Jogja


    Kamu bisa masuk ke Stonehenge Jogja dengan membayar tiket terlebih dahulu. Harga tiketnya sendiri murah dan sangat terjangkau.


    Retribusi Tarif
    Tiket masuk Rp15.000,00
    Parkir motor Rp2.000,00
    Parkir mobil Rp2.000,00

    Daya Tarik Stonehenge Jogja


    Stonehenge Jogja telah menjadi tempat wisata dengan beragam spot fotografi. Ketinggian 850 hingga 900 meter di atas permukaan laut membuatnya semakin menarik.


    Bebatuan Ala Inggris

    bebatuan ala inggris di stonehenge jogja

    Walaupun Stonehenge tergolong baru dibandingkan tempat wisata terkenal di Jogja lainnya, namun Stonehenge sudah sangat digemari wisatawan. Apalagi bagi yang suka berburu foto estetik.


    Destinasi Wisata Jogja ini menyimpan keindahan berupa gugusan batuan ala-ala Inggris yang megah. Batu-batu tersebut disusun berjajar dan berdiri tegak.


    Bentuknya melingkar dan dikelilingi halaman rumput hijau yang luas. Batu-batu raksasa ini memberikan kesan kuno dan sejarah.


    Ada yang terisolasi atau terpisah, ada pula yang berbentuk portal dengan batu horizontal yang diletakkan di atas dua batu penyangga vertikal.


    Pemandangan yang Indah


    Pemandangan di Stonehenge Jogja sungguh menakjubkan. Bebatuan yang ditumbuhi rumput terlihat hijau.


    Kamu juga bisa melihat megahnya Gunung Merapi dari kawasan ini jika cuaca tidak berkabut. Bahkan, kamu bisa berfoto dengan pemandangan atau salah satu sisi Stonehenge, pengunjung bisa berfoto.


    Kamu juga bisa berpose dengan latar belakang Gunung Merapi. Hasilnya akan indah, dipadukan dengan langit biru cerah akan membuat pemandangan sungguh menakjubkan.


    Spot foto utama di sini sebenarnya bebatuan. Batu yang tingginya mencapai 4 meter ini bisa menjadi spot foto Instagram yang sangat bagus.


    Nah, ada bebatuan yang tingginya bisa mencapai 8 meter. Batuan ini kerap menjadi spot foto favorit para wisatawan.


    Nuansa Alami

    nuansa alami di stonehenge jogja

    Tempat wisata ini awalnya bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pasca terdampak letusan lahar Gunung Merapi.


    Namun selain itu, destinasi wisata populer ini justru menawarkan panorama alam yang sungguh memesona. Kamu bisa merasakannya begitu Kamu tiba.


    Suasana sejuk akan langsung menyambut kamu sesampainya di sini. Hamparan rerumputan hijau yang panjang juga akan memanjakan mata, tak ketinggalan deretan pepohonan yang membuat tempat ini semakin asri.


    Panorama Senja

    panorama senja di stonehenge jogja

    Kamu tidak perlu terburu-buru pulang. Tunggu hingga sore hari, saat matahari mulai terbenam. Karena momen ini merupakan pemandangan yang menakjubkan dan harus kamu lihat dengan mata kepala sendiri.


    Kamu bisa mengagumi keindahan panorama matahari terbenam yang unik layaknya seperti di Candi Borobudur. Di balik bebatuan kamu akan melihat sinar matahari sore yang berwarna oranye-merah membuat suasana hangat dan tentunya sangat eksotis.


    Foto Pre-Wedding

    foto pre-wedding di stonehenge jogja

    Tak hanya pengunjung yang bisa berfoto saja, bagi yang ingin melangsungkan pernikahan juga bisa memanfaatkan lokasi wisata ini untuk berpose. Mengambil foto prewedding di Stonehenge adalah hal biasa.


    Latar belakang batu akan membuat foto menjadi unik. Apapun konsepnya, cocok jika kamu berfoto di sini, mulai dari konsep romantis, konsep internasional, hingga konsep tradisional.


    Manfaat tersebut didukung dengan fasilitas yang tersedia. Pasalnya kawasan Stonehenge akan steril dan tidak terganggu oleh wisatawan lain yang lalu lalang saat pemotretan.


    Fasilitas di Stonehenge Jogja

    fasilitas di stonehenge jogja

    Sebagai destinasi wisata populer, Stonehenge Jogja menawarkan berbagai fasilitas. Fasilitas yang ada di tempat ini cukup memuaskan setiap pengunjung yang datang.


    Beberapa fasilitas yang tersedia untuk kamu gunakan di sini, yakni:


    • Tempat parkir luas
    • Tempat nongkrong
    • Spot foto
    • Toilet
    • Mushola

    Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Jogja selain gudeg, Kamu bisa membelinya di toko-toko yang ada di kawasan wisata. Kamu bisa memilih pakaian, makanan, atau oleh-oleh yang menarik.


    Nah, itulah informasi mengenai Stonehenge yang terkenal di Jogja. Berkunjung ke tempat ini akan menjadi kenangan tersendiri jika kamu mengajak keluarga atau orang tercinta.


    Untuk memudahkan perjalananmu, kamu bisa memesan paket liburan Jogja dari travel atau biro perjalanan wisata. Dengan harga yang terjangkau, kamu dapat menikmati layanan perjalanan serta akomodasi dan transportasi.


    Dengan begitu, liburan kamu akan lebih praktis dan hemat. Selain itu, kamu juga dapat memilih paket wisata yang tersedia sesuai dengan keinginan kamu.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini