• Jelajahi

    Copyright © BendPark - Referensi Wisata Terkini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Orchid Forest Cikole: Harga Tiket, Lokasi dan Jam Buka-Nya

    17/10/2023, 16:47 WIB Last Updated 2024-09-12T08:25:01Z

    Orchid Forest Cikole - Bandung mempunyai jutaan tempat wisata alam yang pastinya akan menenangkan mata dan pikiran pengunjungnya. Salah satu contohnya adalah destinasi wisata yang akan kita bahas dibawah ini.


    Walaupun disebut taman anggrek, tempat ini tak hanya menampilkan keindahan ratusan jenis anggrek saja. Tapi itu juga membawa banyak atraksi lainnya.


    Misalnya saja terdapat tempat perkemahan, akomodasi yang bagus, restoran khas Sunda dan juga berbagai permainan outdoor.

    orchid forest cikole

    Dengan banyaknya objek wisata, banyak pengunjung yang ingin menghabiskan liburannya di tempat ini.


    Sekilas Tentang Orchid Forest Cikole


    Destinasi wisata Orchid Forest Cikole merupakan taman anggrek terbesar di negara Indonesia. Terletak di tengah hutan di Lembang, destinasi wisata berbasis alam ini tersebar di area seluas 12 hektar.


    Tempat ini adalah habitat bagi sekitar 157 jenis anggrek dengan berbagai warna, ukuran dan bentuk. Semua anggrek ini selalu diikutsertakan dalam program budidaya untuk menjaga kelestariannya.


    Selain itu, melalui taman anggrek ini pihak pengelola juga bermaksud memberikan ilmu kepada wisatawan yang datang ke sini.


    Total ratusan jenis anggrek yang tumbuh dan ada di taman ini tidak hanya berasal dari nusantara saja. Ada beberapa spesies anggrek asli negara lainnya.


    Misalnya saja anggrek dari Amerika, Peru, Filipina, Venezuela dan Argentina. Taman anggrek ini juga menjadi rumah bagi sejumlah anggrek langka seperti anggrek Semar, anggrek hitam, dan anggrek Paraphalaenopsis laycocky  yang terpanjang di dunia.


    Pesona lain dari destinasi wisata Bandung ini adalah keindahan alamnya, khususnya hutan pinus seluas lebih dari 10 hektar.


    Hutan pinus ini masih satu kawasan dengan Hutan Pinus Wisata Lembang.


    Ada juga fasilitas wisata dan rekreasi seperti:


    • Toko Anggrek
    • Garden of Light
    • Camping ground
    • Air Softgun
    • High rope
    • Wood Bridge
    • Flying fox
    • Archery

    Harga Tiket Masuk Orchid Forest Cikole

    harga tiket masuk orchid forest cikole

    Untuk bisa masuk dan menikmati segala fasilitas wisata taman anggrek ini, setiap pengunjung harus membeli tiket yang harganya cukup mahal. Walaupun agak mahal, tapi pasti puas dengan apa yang didapat.


    Berikut ini daftar harga tiket masuk destinasi Wisata Taman Anggrek di Cikole terbaru:


    Retribusi Tarif
    Tiket Masuk Wisatawan Domestik Rp50.000,00 per orang
    Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Rp100.000,00 per orang

    Harga ini berlaku untuk tur selama seminggu (Senin hingga Jumat). Tarif nominal umumnya akan meningkat pada saat hari raya, hari libur dan akhir pekan.


    Daya Tarik Orchid Forest Cikole

    daya tarik orchid forest cikole

    Bagi yang belum pernah kesini pasti akan kaget dengan tempat wisata yang akan admin ceritakan. Pasalnya, tempat ini benar-benar merupakan destinasi wisata yang lengkap.


    Lalu apa yang menarik dari destinasi wisata alam dekat Tebing Keraton ini? Yuk simak informasi lengkapnya.


    Taman Anggrek Terbesar di Indonesia


    Apakah kamu suka anggrek? Apakah kamu seorang kolektor anggrek? Jika itu masalahnya, maka tidak ada salahnya datang ke sini dari waktu ke waktu. Nantinya, kamu akan menemukan ratusan bunga anggrek cantik berbagai warna.


    Di taman ini, kamu bisa dengan leluasa menyaksikan bunga anggrek yang tumbuh subur di seluruh taman.


    Tentu saja, tempat ini juga bisa kamu manfaatkan untuk berfoto selfie atau sekadar memotret bunga anggrek yang paling kamu kagumi.


    Wood Bridge


    Salah rasanya jika berlibur ke taman anggrek ini tanpa mengunjungi dan mengambil foto-foto asyik di Wood Bridge. Jembatan kayu ini sangat terkenal dan menjadi simbol wisata di destinasi wisata ini.


    Jembatan ini memiliki panjang 125 meter dan tinggi 23 meter. Posisi deck ini terbuat dari bahan kayu solid dengan kawat berwarna putih sebagai dudukannya.


    Saat berjalan di lantai jembatan ini, jembatan bergoyang sehingga menghadirkan perasaan yang agak menegangkan namun menarik.


    Saat malam tiba, lampu yang terpasang di badan jembatan ini otomatis menyala sehingga semakin menambah keindahan jembatan ini.


    Untuk naik ke atas jembatan misalnya, untuk sekadar mengambil foto di atas jembatan tersebut, kamu harus membayar biaya terlebih dahulu. Harga tiketnya sekitar 20 ribu rupiah per orang.


    Aktivitas Outdoor


    Banyak referensi aktivitas outdoor yang bisa kamu coba saat berlibur di sini. kamu bisa mencoba menjajal outbound, dijamin pasti seru dan tentunya sangat menarik.


    Ingin mencoba permainan outdoor untuk menguji keberanianmu? Cobalah high rope dan Flying Fox. Ajak temanmu untuk memainkan kedua game ini.


    Apakah kamu merindukan permainan menembak senapan angin yang sudah lama tidak kamu mainkan? Saatnya kamu menguji kemampuan menembak kamu di sini. Atau ingin mencoba memanah? kamu dapat melakukan latihan pertama di sini.


    Garden of Light


    Di kawasan ini, kamu akan menemukan banyak tempat untuk berswafoto maupun foto grup. Ada yang berupa rumah pohon, pemandangan luar ruangan, bahkan rumah kelinci.


    Camping Ground


    Ingin menikmati suasana autentik Lembang terutama di malam hari? Kawasan wisata taman anggrek ini juga memiliki area khusus untuk berkemah.


    Konsep camping yang tersedia hampir sama dengan camping Legok Kondang Lodge di kawasan Kawah Putih. Selama bermalam, kamu akan menikmati sarapan, jagung bakar, dan api unggun.


    Untuk informasi lebih lanjut mengenai tarif per malam, kamu dapat membayar biaya berkemah umum di sini. Tepatnya sekitar 950 ribu rupiah untuk 9 orang.


    Orchid Store


    Mendengar namanya saja sudah bisa ditebak kalau ini adalah toko tempat wisatawan bisa membeli bunga anggrek.


    Pasti menarik jika anggrek ini disulap menjadi oleh-oleh khas Bandung yang unik dan berbeda dari tanaman lainnya.


    Disini pengunjung juga dapat berkonsultasi langsung dengan ahli anggrek tentang cara merawat, menanam, dan lain-lain.


    Fasilitas Orchid Forest Cikole


    Soal fasilitas, wisata taman anggrek ini mempunyai fasilitas yang sangat lengkap. Bahkan, tidak terbatas pada fasilitas umum yang harus ada di seluruh destinasi wisata.


    Destinasi wisata alam ini juga memanjakan wisatawannya dengan sejumlah fasilitas istimewa seperti mobil golf. Fasilitas ini diperuntukkan bagi pengunjung yang tidak ingin lelah berjalan-jalan di sekitar destinasi wisata ini.


    Biasanya wisatawan anak-anak dan lansia menggunakan fasilitas golf cart ini. Bahkan anak muda pun bisa menggunakan mobil jenis ini secara gratis.


    Fasilitas khusus lainnya yang juga jarang terlihat di destinasi wisata lainnya adalah bangku untuk duduk. Bangku-bangku ini disusun berjenjang seperti bangku-bangku yang ada di tribun.


    Tepat di seberang bangku-bangku ini terdapat panggung terbuka yang sering mengadakan pertunjukan musik dan banyak lagi. Panggung ini disebut Paphio Terrace.


    Objek wisata alam ini juga memiliki kafe yang menyajikan menu modern. Untuk menjaga suasana alam di tempatnya, pihak pengelola kafe juga menawarkan menu spesial dengan cita rasa Sunda yang sangat autentik.


    Contohnya saja dengan adanya menu makanan khas Bandung yang terkenal enak dan istimewa.


    Lokasi dan Rute Menuju Orchid Forest Cikole

    lokasi dan rute menuju orchid forest cikole

    Tempat wisata alam ini berlokasi di Genteng, Desa Cikole, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.


    Alamat ini cukup mudah dijangkau, baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.


    Namun, akan jauh lebih mudah dan lancar jika berkendara ke sini menggunakan kendaraan pribadi.


    Bagi kamu yang tidak memiliki kendaraan pribadi, travel atau biro perjalanan wisata siap membantu kamu. Tentunya dengan layanan sewa mobil harga tetap yang cocok untuk kamu.


    Kamu dapat bebas memilih paket yang sesuai dengan budget, kapasitas dan preferensi kamu.


    Untuk perjalanan rombongan keluarga, paket sewa Hiace Premium Bandung sepertinya cocok untuk kamu.



    Jam Operasional Orchid Forest Cikole


    Taman wisata anggrek ini buka dari hari Senin s/d Minggu. Hari libur tetap buka dengan jam buka seperti biasa: 09:00-18:00 WIB.


    Nah, dengan membaca ulasan ini saja sudah membuat kamu ketagihan untuk berlibur ke Orchid Forest Cikole bukan?


    Namun sebelum kamu memutuskan untuk mempersiapkan segala kebutuhan liburan kamu, ingatlah untuk mempercayakan perjalanan dan akomodasi kamu kepada travel atau biro perjalanan wisata yang kamu rasa nyaman.


    Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam menentukan akomodasi dan transportasi yang kamu inginkan.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Kuliner

    +