• Jelajahi

    Copyright © BendPark - Referensi Wisata Terkini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kebun Raya Bogor: Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Jam Buka-Nya

    16/10/2023, 01:05 WIB Last Updated 2024-09-12T08:45:12Z

    Kebun Raya Bogor - sebagian besar warga negara Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan destinasi wisata Bogor yang satu ini. Bahkan, tempat wisata merupakan pionir dalam penciptaan cagar alam terbesar di negara Indonesia dan Asia Tenggara.


    Sebelumnya, destinasi wisata ini memiliki banyak nama berbeda-beda. Salah satunya yakni "Land’s Plantentuin". Apalagi taman raksasa ini dulunya diberi nama Kebun Gede karena luasnya mencapai ribuan hektar.

    kebun raya bogor

    Pada masa penjajahan Jepang, cagar alam ini disebut "Syokubutzer". Sebelumnya dikenal juga dengan nama "Botanical Garden of Indonesia".


    Sekilas Tentang Kebun Raya Bogor

    sekilas tentang kebun raya bogor

    Cagar alam ini konon berusia lebih dari 204 tahun. Luasnya sendiri mencapai 87 hektar. Lokasinya hanya di kota bogor provinsi jawa barat.


    Ada lebih dari 15.000 spesies pohon di sini. Selain itu, lebih dari 300 spesies anggrek juga tumbuh subur di sini.


    Selain spesies tersebut, kamu juga bisa menemukan kira-kira 5 ribu varietas tanaman lainnya. Koleksinya bahkan lebih lengkap dibandingkan Kebun Raya Bedugul di Bali.


    Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor


    Tiket masuk Kebun Raya Bogor sangat murah untuk jenis wisata alam mewah ini. Kamu tidak perlu menyiapkan budget besar hanya untuk berlibur ke sini.


    Harga tiket masuk dan biaya lainnya dirangkum dalam tabel berikut:


    Retribusi Tarif
    Tiket Masuk Wisatawan Domestik & Mancanegara (Weekday) Rp15.500,00
    Tiket Masuk Wisatawan Domestik & Mancanegara (Weekend) Rp25.500,00
    Tiket Masuk Sepeda (Weekday) Rp15.000,00
    Tiket Masuk Sepeda (Weekend) Rp20.000,00
    Parkir Mobil Rp50.000,00
    Parkir Motor Rp5.000,00

    Harga tiket masuk dapat berubah, artinya dapat meningkat dalam kondisi tertentu. Misalnya pada saat puncak hari libur dan hari raya.


    Perubahan tarif di atas juga dapat terjadi sesuai dengan peraturan dan kebijakan pengelola destinasi wisata ini.


    Nah, inilah beberapa tips menariknya agar kamu tidak perlu khawatir dengan biaya masuk tempat wisata, akomodasi, dan transportasi selama berlibur. Manfaatkan saja jasa penyedia tour terbaik oleh biro perjalanan wisata atau travel seperti traveloka, tiket, agoda dan sebagainya.


    Biro perjalanan wisata atau travel yang telah disebutkan tadi menawarkan banyak pilihan antara lain paket kumpul murah di Bandung dan kualitas terbaik. Dari pada penasaran, tak ada salahnya mencoba.


    Atraksi Wisata di Kebun Raya Bogor

    atraksi wisata di kebun raya bogor

    Area wisata alam ini jelas menawarkan lebih dari sekedar kekayaan keanekaragaman hayati asli negara Indonesia. Masih ada beberapa hal menarik lainnya yang menjadi daya tarik wisata di sini.


    Penasaran dengan destinasi wisatanya? Lihat informasi selengkapnya di bawah ini.


    Monumen Lady Raffles


    Ada satu hal yang sangat menyita perhatian saat wisatawan memasuki kawasan wisata alam ini. Objek yang dimaksud yakni monumen Lady Raffles.


    Kamu dapat menemukan monumen ini di pintu masuk utara. Bangunannya menyerupai gazebo dengan 8 tiang.


    Pada bagian bangunan ini terdapat sebuah prasasti. Oleh karena itu, berdasarkan isi prasastinya, Tugu Lady Raffles disebut Tugu Cinta.


    Jika dilihat lebih dekat, monumen ini dibangun untuk mengenang istri Sir Thomas Stamford Raffles, Lady Raffles. Sir Thomas merupakan Gubernur Jenderal Inggris di Indonesia.


    Saat ini, tugu tersebut telah menjadi simbol cinta di destinasi wisata tersebut. Menariknya lagi banyak pasangan yang suka mengunjungi tempat ini dengan harapan cinta mereka bisa bertahan selamanya.


    Danau Gunting


    Tak jauh dari Monumen Lady Raffles terdapat sebuah danau alami bernama Danau Gunting. Nama telaga ini sangat unik karena bentuknya yang menyerupai gunting.


    Daya tarik utama dari danau ini yakni hamparan bunga teratai yang sering tumbuh subur. Apabila beruntung, wisatawan akan mengagumi keindahan bunga yang bermekaran.


    Permukaan danau yang ditonjolkan dengan warna merah jambu dan biru bunga teratai mungkin merupakan lokasi fotografi terindah yang bisa kamu temukan di sini.


    Prasasti Reinwardt


    Nah, setelah selesai berkeliling Danau Gunting, jelajahi area sebelah kiri danau. Di area ini kamu akan menemukan sebuah prasasti.


    Berbeda dengan prasasti sejarah pada zaman kerajaan, prasasti ini dibuat untuk mengenang jasa seorang tokoh pendiri dalam pelestarian alam.


    Sekadar informasi, kawasan alam yang dilindungi ini digagas oleh Georg Karl Reinwardt. Oleh karena itu, pada prasasti ini terukir namanya, seperti batu nisan memoriam.


    Teras Belakang Istana Bogor


    Di sebelah utara kawasan prasasti, kamu juga bisa melihat langsung kawasan teras belakang Istana Bogor. Di area ini, wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang teras istana. gimana? menarik sekali, loh.


    Patung Little Mermaid


    Memang benar kebun raya ini memiliki banyak koleksi patung. Salah satu patung yang paling terkenal yakni Little Mermaid.


    Patung ini hanyalah salinan dari patung aslinya. The Little Mermaid sendiri merupakan karakter ciptaan penulis anak terkenal Hans Christian Andersen.


    Area Pemakaman Belanda Kuno


    Meskipun terdengar misterius, namun kenyataannya kawasan ini tidak seperti itu. Di sisi lain, situs pemakaman kuno Belanda ini terlihat sangat menarik. Untuk apa? Pasalnya kawasan ini memiliki gaya arsitektur khas Eropa.


    Di kawasan ini juga terdapat dua makam tokoh penting Eropa. Orang-orang ini yakni J.C.Van Hasselt dan Heinrich Kuhl. Keduanya merupakan ahli biologi yang bertugas mengidentifikasi flora Indonesia.


    Tugu dan Taman Teijsman


    Destinasi wisata edukasi ini juga dilengkapi dengan taman yang indah. Di kawasan tengah taman terdapat tugu peringatan yang disebut Monumen Teijsman.


    Tugu ini sering menjadi spot foto karena dikelilingi pemandangan rumput hijau dan pepohonan rindang yang rindang.


    Laboratorium Treub


    Tahukah kamu, cagar alam ini hakikatnya adalah laboratorium alam? Untuk menunjang kegiatan penelitian, pemerintah kolonial Belanda kemudian mendirikan laboratorium di sana.


    Laboratorium Treub panggilan-nya. Nah, di laboratorium ini pertama kali dilakukan penelitian terhadap zat-zat kimia yang terkandung dalam tumbuhan.


    Sekali lagi, nama laboratorium ini terinspirasi dari nama seorang ahli botani, Melchior Treub.


    Di sebelah laboratorium terdapat gedung bernama Wisma Tamu Nusa Indah. Sebelumnya Nusa Indah Guest House merupakan kediaman Treub.


    Museum Zoologi


    Seperti museum pada umumnya, museum ini juga menampilkan banyak koleksi berbeda untuk tujuan pendidikan. Hanya saja koleksi yang dipamerkan termasuk hewan-hewan yang telah diawetkan.


    Terdapat koleksi yang menjadi simbol dari museum ini. Kerangka lengkap mamalia besar, paus biru. Karena ukurannya yang besar, koleksi ini memiliki ruang tersendiri.


    Taman Meksiko


    Dan yang paling unik dan menarik dari kawasan wisata ini adalah Mexican Garden. Datang ke sini, wisatawan akan merasakan suasana berbeda 180 derajat.


    Apabila sebelumnya kamu merasakan segarnya udara segar dan dinginnya udara Bogor, maka di Mexican Garden kamu akan terbawa kedalam suasana gurun pasir yang tandus.


    Udara yang panas dan kering langsung membuat kamu serasa berada di gurun pasir sungguhan. Jika kamu penasaran ingin merasakan suasana gurun yang autentik, wajib datanglah ke tempat ini.


    Jembatan Pemutus Cinta


    Tempat ini sangat ikonik. Seringkali menjadi tempat favorit para wisatawan. Jembatan Pemutus Cinta yang panjangnya 30m.


    Daya tarik utama dari jembatan ini yakni penyampaian mitos-mitos yang masih diyakini secara umum. Legenda mengatakan jika ada pasangan yang melintasi jembatan ini, hubungan mereka akan berakhir.


    Apakah kamu sendiri percaya dengan mitos tersebut?


    Taman Astrid


    Ada lagi taman yang bisa kamu kunjungi di taman botani ini. Namanya Taman Astrid. Di kiri dan kanan taman ini terdapat pepohonan dengan bunga berwarna kuning dan merah.


    Di tengah taman terdapat jalan setapak yang membagi hamparan bunga merah di satu sisi dan bunga kuning di sisi lain.


    Selain lokasi-lokasi diatas, masih banyak tempat menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi.


    Jika kamu tertarik untuk jalan-jalan, kamu bisa memanfaatkan paket study tour dan Gathering yang ditawarkan oleh travel atau biro perjalanan wisata seperti traveloka, tiket, agoda dan lain sebagainya untuk berkeliling hingga puas dengan rombongan.


    Fasilitas Kebun Raya Bogor

    fasilitas kebun raya bogor

    Ini boleh dikatakan sangat unik. Pasalnya di sini kamu bisa mendapatkan dua jenis fasilitas yakni fasilitas khusus dan fasilitas umum.


    Wisatawan tidak akan kesulitan menemukan fasilitas umum di taman wisata raksasa ini. Fasilitas yang disediakan pihak pengelola sangat lengkap. Misalnya tempat parkir dibagi menjadi 3 zona: Parkir untuk mobil, sepeda motor dan bus.


    Mushola juga tersedia di laboratorium alam ini. Mushola umum di sini selalu bersih. Wisatawan yang ingin sholat di musala ini juga bisa dengan mudah menemukan tempat wudhu dan toilet yang bersih.


    Jadi, selain toilet musala, pihak pengelola juga menyediakan sejumlah toilet umum. Siapapun bisa menggunakan fasilitas umum ini.


    Fasilitas istimewa di sini merupakan utilitas yang tidak dapat kamu temukan di destinasi wisata lainnya. Beberapa opsi basis khusus di sini adalah:


    • Perpustakaan
    • Cafe di tengah kebun
    • Museum zoologi
    • Laboratorium

    Dan fasilitas khusus ini dirancang untuk mendukung program perjalanan edukasi. Berkat itu, program wisata edukasi ini selalu mendapat sambutan yang sangat positif.


    Hampir setiap hari fasilitas tersebut tidak pernah sepi dari para pelajar yang datang untuk belajar di sini.


    Lokasi Kebun Raya Bogor

    lokasi kebun raya bogor

    Dari segi lokasi, kawasan wisata edukasi ini terletak di tengah kota Bogor. Khususnya di Jl. Ir.Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Provinsi Jawa Barat.


    Lokasinya tidak jauh dari kota-kota besar di sekitar Bogor. Jakarta dan Bandung misalnya. Namun banyak juga wisatawan dari luar Jakarta dan Bandung yang datang ke sini.



    Rute Menuju Kebun Raya Bogor


    Terdapat 3 pilihan rute menuju destinasi wisata ini yaitu dari Tol Jagorawi, Stasiun Kereta Api Bogor, dan Stasiun Baranangsiang.


    Tol Jagorawi


    Bila kamu menggunakan kendaraan pribadi, pilihlah jalur Tol Jagorawi. Setelah keluar tol, pilih jalur kanan.


    Jalan lurus terus hingga menemukan arah menuju pintu masuk. Sekitar 2 km dari jalan tol.


    Misalnya saja jika kamu masih belum mengetahui rutenya, terkadang kamu bisa menggunakan jasa rental mobil Innova Bogor yang ditawarkan oleh biro perjalanan wisata atau travel yang siap mengantar kamu kapan saja.


    Stasiun Bogor


    Rutenya akan berbeda jika berangkat dengan KRL. Dari Stasiun Bogor, kamu bisa berjalan kaki menuju Istana Bogor. Setelah sampai di Jalan Djuanda (lampu merah), silakan belok kanan dan terus berjalan sejauh 300 m.


    Tidak jauh dari tikungan, kamu akan melihat pintu masuk destinasi wisata kamu.


    Terminal Baranangsiang


    Berbeda jika menggunakan bus. Tiba di Stasiun Baranangsiang, lanjutkan perjalanan dengan Angkutan Umum No. 03, 06 ataupun 13.


    Jarak Stasiun Baranangsiang dengan Kebun Raya hanya 2 km. Atau cukup luangkan waktu 10 menit saja untuk sampai ke destinasi wisata alam di Bogor ini.


    Jam Operasional Kebun Raya Bogor


    Tempat ini dikenal sebagai laboratorium alam terbesar yang buka setiap hari dari pagi hingga malam. Senin s/d Jumat, jam operasional pukul 08:00 - 16:00 WIB.


    Sedangkan pada akhir pekan (Sabtu dan Minggu), jam buka satu jam lebih awal, yakni pukul 07:00 hingga 16:00 WIB.


    Tips Berkunjung di Kebun Raya Bogor

    tips berkunjung di kebun raya bogor

    Okey, sebelum memulai liburan kamu di taman raksasa yang populer ini, sebaiknya kamu baca terlebih dahulu beberapa tips dibawah ini:


    Berangkat Lebih Pagi


    Apabila kamu pergi lebih awal, kamu akan sampai di sana lebih cepat. Juga akan ada banyak waktu untuk menjelajah. Kamu akan jauh lebih puas.


    Ingatlah bahwa ada ribuan spesies dan puluhan tempat wisata menarik. Jadi maksimalkan waktu liburan kamu.


    Selain itu, di pagi hari kamu bisa menikmati udara segar dan bersih. Jumlah tamu tidak seramai jumlah tamu pada siang dan malam hari.


    Berfoto akan lebih menyenangkan saat suasana sepi. Kamu tidak perlu diganggu dengan kehadiran wisatawan lain.


    Jangan Lupa Bawa Kamera Kamu


    Ada banyak sekali spot foto menarik di sana. Bukan hanya tempat untuk berfoto selfie saja, tetapi juga tempat untuk mengambil foto lainnya.


    Misalnya saja koleksi foto bunga, anggrek, situs patung, taman Meksiko, Jembatan Perpisahan Cinta, dan lain sebagainya.


    Datang Saat Cuaca sedang Cerah


    Pastinya kamu akan jauh lebih nyaman dan leluasa jika datang kesini saat langit sedang cerah. Foto kamu akan terlihat lebih baik berkat sinar matahari.


    Apalagi jika ada efek pencahayaan seperti pencahayaan di celah-celah pepohonan; Pasti akan sangat indah bukan?


    Kamu tidak perlu takut kepanasan. Udaranya yang dingin siap mengubah suasana panas menjadi suasana yang sangat sejuk. Selain itu, ada ratusan, bahkan ribuan pohon di sekitar kamu.


    Gunakan Kostum yang Tepat


    Tips yang satu ini tidak boleh diabaikan. Kenakan kemeja dan celana yang nyaman sesuai dengan medan. Kamu akan merasa cocok jika memilih kaos atau kemeja yang memungkinkan kamu bergerak bebas.


    Begitu pula dengan bawahannya. Jangan lupa sepatunya. Pilihlah sepatu atau sandal yang paling cocok untuk kamu.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini