• Jelajahi

    Copyright © BendPark - Referensi Wisata Terkini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Taman Safari Indonesia Bogor: Harga Tiket Masuk dan Lokasi-Nya

    06/09/2023, 11:39 WIB Last Updated 2024-09-12T10:02:39Z

    Taman Safari Indonesia Bogor. Pergi ke kebun binatang memang menjadi salah satu alternatif kegiatan menyenangkan yang bisa kamu coba di akhir pekan. Apalagi jika kamu membawa si kecil. Jadi di sekitar Jakarta, destinasi wisata biasanya menjadi tujuan saat liburan.


    taman safari indonesia

    Kamu dapat menemukan banyak koleksi hewan berbeda di sini. Dari hewan biasa hingga hewan yang dilindungi. Pastinya tempat ini akan menjadi pilihan yang paling cocok karena akan membawa keceriaan bagi anak-anak.


    Sekilas Tentang Taman Safari Indonesia Bogor


    Objek wisata ramah keluarga di Bogor ini memiliki luas 168 hektar dan menjadi rumah bagi lebih dari 280 spesies hewan. Di sini juga terdapat 5.000 spesies tanaman yang otomatis memberikan nuansa sejuk.


    Bagaimana taman safari ini bisa berdiri dan menjadi destinasi liburan paling diminati di Jakarta dan Bogor? Dahulunya, area taman safari ini merupakan kawasan perkebunan kina yang tidak terurus.


    Soesilo Soedarman kemudian berinisiatif menjadikannya sebagai objek wisata nasional. Ide ini didukung oleh Menteri Kehutanan saat itu, Hasrul Harahap.


    Pada 16 Maret 1990, beliau pun meresmikan tempat yang menjadi pusat konservasi satwa langka ini. Sejak diresmikan hingga saat ini terus berkembang.


    Saat ini, taman safari ini memiliki koleksi sekitar 2.500 hewan, termasuk hewan langka. Misalnya orang utan, harimau benggala, gajah, anoa, komodo dan lain sebagainya.


    Tempat ini terus menjadi lebih baik dan lebih baik lagi jadi ini adalah salah satu saran terbaik untuk wisata edukasi dan tempat petualangan untuk anak-anak.


    Daya Tarik Taman Safari Indonesia

    daya tarik taman safari indonesia

    Kalau begitu, setelah mengantongi tiketnya, tak perlu berlama-lama lagi. Mulailah petualangan kamu sekarang dengan aktivitas menyenangkan berikut:


    Safari Tour


    Kegiatan ini sungguh menyenangkan. Kegembiraan ini tidak hanya dirasakan oleh anak-anak saja, namun kamu para pengunjung dewasa juga akan merasakannya.


    Jika Bali punya Bali Bird Park, maka Bogor dan Jakarta punya taman safari yang siap mengajak kamu bertemu langsung dengan satwa liar.


    kamu akan diajak berkeliling ke kawasan satwa liar dengan mobil safari. Seorang pemandu akan dengan senang hati menemani kamu.


    Selama tur, kamu dan buah hati bisa melihat binatang berkeliaran di alam liar. Jika beruntung, hewan liar ini akan mendatangi mobil kamu dan kamu bisa berinteraksi dengan mereka.


    Khusus satwa liar seperti singa, harimau dan hewan yang tergolong buas lainnya, wisatawan dilarang berinteraksi langsung demi alasan keamanan.


    Namun wisatawan masih bisa melihat satwa liar tersebut dari dekat. Rasanya sungguh mendebarkan namun di sisi lain juga sangat menarik dan seru, bukan?


    Namun, untuk kendaraan, pengunjung bisa menggunakan mobil sendiri untuk berkeliling di kawasan atau zona satwa tersebut.


    Pihak pengelola taman safari juga menyediakan bus dan mobil safari bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan sendiri.


    Baby Zoo


    Berbeda dengan Taman Nasional Baluran di Banyuwangi yang satwa liarnya hanya bisa dilihat dari jauh. Namun, di tempat wisata ini pengunjung bisa menyentuh dan berfoto bersama bayi satwa liar.


    Wisatawan bisa berfoto dengan satwa liar yang ganas seperti anak singa, anak harimau, dan orangutan.


    Pengunjung juga boleh menyentuh bayi-bayi ini, namun pastikan tangannya bersih dan steril. Jadi cuci tanganmu dulu.


    Juga, ingatlah untuk menyentuh dan berinteraksi secara biasa saja; Jangan sakiti bayi hewan menggemaskan ini.


    Pertunjukan Satwa Terlatih


    Setidaknya ada 9 pameran hewan terlatih. Di sini kamu bisa menyaksikan gajah menari dan bermain bola. Ada juga pertunjukan lumba-lumba yang sangat cerdas.


    Ada juga singa laut dan harimau yang siap mengisi masa liburan kamu. Sore harinya kamu melanjutkan kunjungan dengan menonton acara-acara berikut ini:


    • Bird of Prey Show
    • Cowboy Show
    • Safari Theater
    • Globe of Death

    Bermain 20 Wahana Permainan


    Liburan di sini tidak berakhir dengan aktivitas safari tur dan melihat binatang-binatang menggemaskan. Kamu juga dapat melanjutkan dengan kegiatan bermain 20 wahana permainan.


    Tersedia dua kategori permainan yaitu wahana permainan untuk anak-anak dan wahana permainan untuk orang dewasa.


    Crazy Plane, Flying Elephant, Speedway dan Flying Swan termasuk dalam kategori permainan untuk anak-anak. Sedangkan wahana permainan untuk orang dewasa antara lain Space Shuttle dan Z Force Tower.


    Ada juga permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak dan orang dewasa. Sebut saja Sepeda Terbang dan Mobil Boom-Boom.


    Permainan ini sekilas bisa kamu temukan di banyak taman hiburan di kota besar, seperti Jatim Park 2 Malang.


    Waterpark


    Di taman safari kamu juga akan menemukan taman air dengan kolam dengan berbagai ukuran dan kedalaman. Taman air ini juga memiliki banyak permainan air yang menarik untuk anak-anak.


    Menikmati View Taman Safari via Balon Udara


    Buat kamu yang tidak takut ketinggian wajib mencoba wahana balon udara di taman safari ini. Dengan ketinggian 40 meter, kamu bisa dengan nyaman menikmati pemandangan jernih seluruh area taman safari.


    Safari Trek


    Sesuai dengan namanya, Safari Trek mengajak kamu untuk mengikuti aktivitas trekking atau hiking di kawasan hutan. Tentu saja kamu akan didampingi oleh pemandu wisata yang profesional.


    Dengan lintasan sepanjang 3 hingga 9 km, kamu juga bisa mencoba permainan outdoor misalnya flying fox, outbound, dan rope climbing.


    Fasilitas Taman Safari Indonesia Bogor

    fasilitas taman safari indonesia

    Taman safari merupakan salah satu destinasi wisata kelas atas, sehingga wajar jika destinasi wisata ini memiliki fasilitas yang sangat memadai dan lengkap.


    Misalnya saja dimulai dari tempat parkir. Areanya sangat luas dan menerapkan parking system yang dikelola dengan baik. Fasilitas ini juga didukung oleh petugas.


    Toko-toko di sini termasuk kantin atau pusat jajanan dan toko serba ada. Foodcourt pastinya menjadi salah satu tempat favorit para traveller yang ingin mengisi perut.


    Menu yang tersedia sangat beragam. Bahkan ada pula yang berupa masakan khas Bogor yang terkenal dengan rasanya yang nikmat.


    Hotel di sekitar taman safari juga tersedia bagi pengunjung yang ingin bermalam. Nama hotelnya adalah Safari Resort. Hotel ini menawarkan suasana khas pedesaan tropis dengan hotel-hotel tropis.


    Letak taman safari yang berada di kaki gunung Gede Pangrango menjadikan kawasan ini sangat sejuk, nyaman dan menenangkan, termasuk di area hotel.


    Fasilitas yang terakhir yakni toko suvenir. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh. Ada berbagai macam pilihan oleh-oleh yang dijual di toko oleh-oleh ini.


    Diantaranya banyak DVD berisi video dan gambar binatang-binatang yang ada di taman safari ini. Ada juga tas jinjing cantik, boneka binatang, bantal hewan peliharaan, dan lain sebagainya.


    Oleh-oleh ini seringkali menjadi alternatif oleh-oleh khas Bogor yang populer karena hanya bisa dibeli di taman safari ini.


    Harga Tiket Masuk Taman Safari Indonesia Bogor


    Jalani petualangan sesungguhnya dengan mencoba safari tur di taman konservasi terbaik di Indonesia. Untuk memulai petualangan ini, kamu harus membeli tiket terlebih dahulu secara online atau tiket on the spot.


    Berikut harga tiket yang bisa kamu jadikan sebagai referensi sebelum berkunjung di tempat wisata yang unik ini:


    Retribusi Tarif
    Wisatawan Domestik Mulai dari Rp250.000,00/ orang
    Wisatawan Mancanegara Mulai dari Rp350.000,00/ orang

    Tarif di atas adalah tarif reguler. Harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola taman safari.


    Tiket ini eksklusif untuk program Safari Siang yang berdurasi kurang lebih 45 menit. Aktivitas safari tur ini yakni murni petualangan.


    Oleh karena itu, peserta safari tur akan diajak untuk berkeliling menggunakan kendaraan berburu khas seperti pada safari di hutan Afrika.


    Usai perjalanan seru, peserta trip selanjutnya akan ikut mencoba hiburan berikut:


    • 20 wahana
    • 7 pameran satwa
    • 9 pertunjukan atraksi.

    Super-lengkap, bukan?


    Perasaan dan pengalaman yang kamu dapatkan pasti akan sangat berbeda jika kamu berkunjung ke kebun binatang biasa.


    Lokasi dan Rute Menuju Taman Safari Indonesia Bogor

    lokasi dan rute menuju taman safari indonesia

    Taman safari ini berlokasi di Cisarua, tepatnya berada di Jl. Kapten Harun Kabir No.724, Cibeureum, Cisarua, Kec. Cisarua, Kab. Bogor.


    Kawasan wisata ini menempati lokasi yang strategis sehingga dapat diakses dari Jakarta dan Bandung. Dari Jakarta, rute yang bisa dipilih adalah jalur Bandung-Puncak.


    Jika kamu tidak ingin lelah berkendara sendirian, kamu bisa menggunakan jasa biro perjalanan wisata pasti akan mengantarkan kamu langsung ke tujuan. Cara ini cukup menggunakan sewa jangka panjang para elf bogor atau paket lain yang tersedia.



    Jam Operasional Taman Safari Indonesia Bogor


    Taman safari ini buka pada hari biasa, akhir pekan, dan hari libur. Hanya saja memberlakukan jam operasional yang berbeda. Berikut informasi terkini jam buka:


    Ketentuan Jam Operasional
    Weekday 09.00-17.30 WIB
    Weekend 08.30-17.30 WIB
    Istana Panda (setiap hari) 09.00-17.00 WIB

    Rasakan serunya berpetualang di alam liar sesungguhnya di taman safari ini. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan paket liburan yang ditawarkan oleh biro perjalanan wisata.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini