• Jelajahi

    Copyright © BendPark - Referensi Wisata Terkini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pantai Menganti: Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Daya Tarik-Nya

    03/08/2023, 16:33 WIB Last Updated 2024-09-12T10:05:40Z

    Pantai Menganti di Kebumen mungkin masih belum familiar di telinga kamu. Namun bagi masyarakat Kebumen, pantai ini sangat populer dan sering menjadi tempat liburan terfavorit.


    Bila dibandingkan dengan pantai Senggigi di Lombok, pantai ini memang kalah terkenal. Namun jangan salah, tempat wisata pantai ini siap memikat pengunjung yang datang ke sini.


    pantai menganti

    Penasaran ingin tahu apa saja dan atraksi apa saja yang disuguhkan oleh objek wisata pantai ini? mari simaklah informasi berikut.


    Sekilas Tentang Pantai Menganti Kebumen


    Pantai Menganti Kebumen merupakan salah satu pilihan tempat wisata pantai yang indah di Provinsi Jawa Tengah. Obyek wisata ini terletak di Kecamatan Ayah, Provinsi Kebumen.


    Sekilas pantai ini memiliki ciri topografi yang mirip dengan deretan pantai di Kabupaten Gunung Kidul. Medannya ditandai dengan daerah pegunungan yang mengelilingi pantai.


    Pantainya sendiri memiliki pasir putih dan air laut biru jernih. Perpaduan antara pasir putih dan laut biru jernih menyuguhkan panorama laut yang memanjakan mata semua pengunjung.


    Menjadi salah satu tempat wisata andalan di Kebumen, pemerintah daerah terus berupaya untuk memaksimalkan potensi wisata yang ada. Misalnya dengan melengkapi tempat dengan fasilitas umum yang memadai, sarana wisata yang mumpuni dan jalan yang baik.


    Selain itu, pihak pengelola juga memperkenalkan banyak spot foto Instagenic untuk menarik wisatawan. Nah, dengan segala fasilitas dan keindahannya, wajar jika pantai ini menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Indonesia.


    Daya Tarik Pantai Menganti Kebumen

    daya tarik pantai menganti

    Ada banyak atraksi yang disajikan di tempat wisata populer Kebumen ini. Sebut saja Panoramic Beach, Jembatan Merah, Bukit Sigatel dan Tanjung Karang Bata.


    kamu juga bisa mencoba berbagai aktivitas seru di sini. Diantaranya berenang, hover bike dan hot air balloon, dan lainnya.


    Panorama Pantai


    Bila Kamu pernah mengunjungi Pantai Drini Gunung Kidul, maka kurang lebih kamu sudah membayangkan Pantai Menganti ini.


    Pasalnya, kedua pantai ini sangat mirip baik dari segi luas garis pantai maupun kemiringan pantainya.


    Hanya saja, ada titik tertentu di Menganti yang merupakan kawasan berbatu. Karena itu, pengunjung harus berhati-hati saat berjalan di pantai.


    Ombaknya relatif kecil dan arusnya tidak kuat sehingga aman untuk berenang atau bermain air di sepanjang pantai. Pasirnya yang bertekstur lembut juga sangat cocok sebagai media bermain bagi anak-anak.


    Jembatan Merah


    Situs Jembatan Merah menjadi spot foto favorit. Jembatan ini memiliki panjang 300 meter dan memiliki pagar yang dicat dengan warna vermilion.


    Alhasil, jembatan ini terlihat paling menonjol di bawah bayang-bayang bebatuan di bawahnya.


    Seringkali jembatan ini menjadi tempat yang bagus untuk berfoto karena lokasinya yang dekat dengan pantai. kamu dapat mengatur pose kamu agar terlihat seperti panorama laut sebagai latar belakang foto kamu.


    Lalu, hembusan angin laut yang kamu rasakan saat berdiri di jembatan ini tentunya akan menambah suasana damai dan romantis. Tak heran banyak pasangan yang senang menikmati suasana pantai dari atas jembatan ini.


    Wahana Balon Udara dan Sepeda Gantung


    Kamu tidak harus pergi ke Bukit Teletubbies di Blitar hanya untuk mencoba naik balon udara. Ada loh di Kebumen sendiri, tepatnya di tempat wisata pantai ini.


    Kamu bisa memilih wahana yang ingin kamu coba. Cukup bayar tiket murah, kamu bisa naik balon udara atau hover bike dengan pemandangan indah di bawah.


    Bersiaplah untuk memompa adrenalin kamu saat kamu melayang di udara dalam dua game ini.


    Tanjung Karang Bata dan Bukit Sigatel


    Kedua tempat ini bisa dikatakan sebagai tempat wisata terdekat yang bisa kamu kunjungi setelah puas menginap di Menganti. Keduanya bebas untuk dikunjungi.


    Selain dua objek wisata di atas, sebenarnya masih ada beberapa tempat wisata lain yang letaknya cukup dekat dengan Menganti. Misalnya pantai Surumanis.


    Tebing Keteb Widadari


    Nah, tebing ini mendominasi di atas permukaan laut yang kerap menjadi spot favorit untuk fotografi pantai di ketinggian.


    Dari atas tebing ini, kamu bisa leluasa memotret objek-objek laut, pantai, dan objek-objek indah lain di sekitar pantai. Keindahan dari atas tebing bisa menjadi kenangan yang sempurna saat liburan.


    Fasilitas Pantai Menganti Kebumen

    fasilitas pantai menganti

    Ada banyak fasilitas yang tersedia di objek wisata pantai ini. Salah satunya yakni fasilitas jembatan yang juga menjadi daya tarik wisata di tempat ini.


    Kamu juga akan menemukan tempat parkir yang memadai dan layak. Fasilitas tersebut juga didukung oleh petugas yang siap membantu pengunjung dalam hal parkir.


    Bagian terbaiknya yakni tersedia shuttle bus khusus untuk pengunjung yang ingin bersafari di sekitar pantai. Bus ini akan mengantarkan pengunjung ke pantai, jembatan merah dan tempat wisata lainnya.


    Fasilitas gazebo di atas bukit masuk dalam daftar fasilitas berikutnya. Jumlah gazebo yang tersedia di tempat wisata ini mencapai puluhan.


    Meski tidak terlalu besar, gazebo ini sangat nyaman dan bersih untuk kamu bersantai. Hanya dengan membayar sewa yang murah, kamu bisa bersantai sambil menikmati hidangan seperti lumpia, salah satu makanan khas Semarang yang terkenal.


    Untuk akomodasi, ada beberapa rekomendasi hotel terdekat dengan fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman. Harganya pun bervariasi tergantung fasilitas yang ditawarkan.


    Selain akomodasi, terdapat juga Pusat Wisata Kuliner Kebumen terdekat. Di sini kamu bisa leluasa menikmati hidangan khas Kebumen. Lokasinya tidak jauh dari Menganti. Tepatnya di dekat TPI di sisi timur pantai ini.


    Harga Tiket Masuk Pantai Menganti Kebumen


    Beberapa objek wisata di Kebumen merupakan destinasi wisata murah. Sebut saja Pantai Bopong yang tiket masuknya sangat murah.


    Begitu juga dengan Menganti. Harga tiket masuk untuk atraksi ini admin bagikan pada tabel di bawah ini.


    Kategori Tarif
    Tiket Masuk Rp10.000,00 per orang
    Wahana Sepeda Gantung Rp20.000,00 per orang
    Wahana Balon Udara Rp15.000,00 per orang
    Sewa Tenda Rp15.000,00
    Shuttle Bus Rp15.000,00

    Lokasi dan Rute Menuju Pantai Menganti Kebumen

    lokasi dan rute menuju pantai menganti

    Wisata pantai ini beralamat di desa Karangduwur, kec. Ayah, kab. Kebumen, Jawa Tengah. kamu bisa mencapai tempat ini dengan mengikuti jalan sepanjang pantai selatan Jawa kemudian menuju ke arah Jalan Ayah -Karangbolong.


    Waktu tempuh yang kamu perlukan jika datang dari Kota Kebumen adalah 1 jam 19 menit. Karena lokasinya yang cukup terpencil, sebaiknya gunakan jasa sewa mobil murah dengan supir biro perjalanan wisata.


    Dengan layanan ini, kamu tidak perlu khawatir tersesat atau kehilangan banyak waktu karena driver biro perjalanan wisata sangat profesional dan hafal jalan menuju Menganti.


    Apalagi, biaya sewanya juga murah dengan berbagai pilihan kendaraan. Semuanya dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu, sehingga liburan kamu berjalan dengan lancar.



    Jam Operasional Pantai Menganti Kebumen


    Mungkin kamu salah satu orang yang menanyakan apakah wisata pantai Menganti saat ini buka atau tutup. Meski masih di tengah pandemi, tempat wisata pantai ini tetap dibuka untuk umum.


    Namun, setiap pengunjung yang masuk harus menghormati protokol kesehatan untuk menjamin keamanan kedua belah pihak. Pengunjung bisa datang kapan saja, termasuk hari libur. Jam operasional yang berlaku yakni 24 jam.


    Tetapi untuk memaksimalkan liburan kamu, admin sarankan untuk memanfaatkan layanan liburan yang ditawarkan oleh biro perjalanan wisata.


    Selain lebih tertata, kamu juga bisa menghemat uang. Karena kamu tidak perlu lagi menyiapkan budget khusus untuk transportasi, tour guide, hotel dan tiket tempat wisata. Semua ini sudah termasuk dalam paket wisata yang telah kamu pesan.


    Jadi kamu tidak perlu menunggu lama, ayo rencanakan sekarang dan bersiaplah untuk mengatur liburan kamu di Pantai Menganti, Kebumen.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini