• Jelajahi

    Copyright © BendPark - Referensi Wisata Terkini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Lawu Park: Harga Tiket, Penginapan, Jam Buka dan Lokasi-Nya

    02/08/2023, 13:46 WIB Last Updated 2024-09-12T10:09:07Z

    Lawu Park merupakan salah satu akraksi wisata baru di Tawangmangu. Menjadikannya sebagai tempat wisata unggulan dan populer di daerah Solo dan sekitarnya.


    Hanya beberapa bulan setelah diresmikan, taman wisata ini selalu menjadi incaran pengunjung. Udara yang sejuk dan cuaca yang dingin menjadi daya tarik utama dari tempat wisata ini.


    Destinasi wisata solo ini sangat cocok bagi kamu yang membutuhkan suasana tenang, segar, dan bersih. Dijamin kamu akan puas dan benar-benar bisa menenangkan pikiran.

    lawu park

    Namun sebelum datang ke sini, kamu harus tahu apa saja hal menarik yang ada di sini. Hal yang sama berlaku untuk informasi dasar seperti tarif, tip, dan informasi tentang hotel terdekat. Cek saja informasi berikut ini.


    Harga Tiket Masuk Lawu Park


    Sebagai informasi, untuk masuk ke tempat wisata ini, kamu hanya perlu membayar tiket super murah.


    Namun kamu harus merencanakan budget tambahan untuk menyewa perlengkapan atau menaiki wahana permainan yang ada. Harga sewa tiap jenis mobil juga berbeda.


    Di bawah ini kamu akan menemukan informasi rinci tentang harga tiket masuk, biaya parkir, dan biaya sewa kendaraan:


    Kategori Tarif
    Tiket Masuk Rp20.000,00/ orang
    Sewa Flying Fox Rp30.000,00
    Sewa High Rope Rp40.000,00
    Sewa ATV, Berkuda, dan Trail
    Adventure
    Rp50.000,00
    Sewa Jeep Adventure Rp275.000,00

    Aktivitas Seru di Lawu Park

    aktivitas seru di lawu park

    Berada di kaki Gunung Lawu, taman wisata ini juga memiliki panggilan yang unik, yakni tempat wisata "all in one". Sebab, tempat wisata ini menyuguhkan berbagai macam tempat wisata yang lengkap.


    Tak hanya menawarkan pemandangan khas pegunungan, tempat wisata ini juga menawarkan sejumlah aktivitas menarik lainnya yang tak boleh kamu lewatkan. Ketika kamu menghabiskan liburan kamu di sini, kamu harus mencoba kegiatan menyenangkan berikut.


    Berfoto di Spot-Spot Instagramable


    Ada banyak tempat - tempat menarik dan tentunya sangat instagramble. Diantara sekian banyak terdapat spot fotografi terkini yang selalu sangat populer. Lokasi yang dimaksud adalah spot bersalju.


    Tempat ini menawarkan area khusus yang dipenuhi salju buatan. Pengunjung bisa berfoto di tengah area ini. Benar-benar seperti berada di tengah lautan salju! Sangat menarik, bukan?


    Uji Adrenalin dengan Bermain Flying Fox


    Siapa disini yang suka banget dengan flying fox? kamu harus mencoba flying fox di sini. Sebelum bermain, kamu perlu menyiapkan budget khusus untuk menyewa peralatan flying fox. Harga sewanya sangat terjangkau.


    Bagaimana dengan keamanan? pihak Manajemen memastikan bahwa permainan luar ruangan ini aman karena semua peralatan memenuhi standar.


    Menjajal Trek Ekstrim dengan ATV


    Apakah kamu suka mengemudi di trek ekstrim? Cobalah untuk bermain ATV di taman wisata ini. Ada banyak pilihan ATV, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.


    Jalur yang digunakan merupakan jalur khusus agar pengunjung lain tidak merasa terganggu. Dengan aktivitas ini skill balap kamu bisa meningkat kan?


    Trekking


    Selain jalur khusus yang digunakan untuk permainan ATV, taman wisata ini juga mempunyai jalur khusus trekking. Lokasinya masih di dekat jalur permainan ATV.


    Ada dua pilihan jalur untuk trekking. Jalur pertama berupa undakan yang terdiri dari susunan batu. Kemudian jalur kedua adalah aliran semen dan pasir. Baris kedua sebenarnya lebih halus dan teratur.


    Kegiatan trekking ini pasti akan sangat menarik. Selain bisa membuat fisik kamu sehat, pikiran kamu juga akan lebih tentram berkat suasana tempat wisata ini.


    Coba bayangkan kamu sedang berjalan dengan pohon pinus di kedua sisinya. Sebuah aktivitas yang menyenangkan! Bahkan, kamu dan wisatawan lainnya bebas berhenti hanya untuk berfoto atau beristirahat.


    Bersantai dan Berfoto Ria


    Ada juga tempat-tempat menarik lainnya yang dari kejauhan terlihat berwarna-warni. Tentu saja berwarna-warni karena spot ini merupakan taman bunga dengan bunga-bunga yang indah.


    Di sini kamu bisa beristirahat di gazebo-gazebo yang ada di sekitar Taman Celosia. Selain itu dari sini pengunjung juga bisa menyaksikan keagungan Gunung Lawu dari dekat.


    Selanjutnya, di sekitaran taman, bagi pengunjung yang mulai merasakan lapar, tersedia warung yang siap mengantarkan nasi liwet strawberry khas kawasan wisata ini. Seperti gimana bentuknya? Karena penasaran, cicipi di sini.


    Kegiatan Outbound

    kegiatan outbound di lawu park

    Taman wisata ini menawarkan banyak permainan untuk kegiatan outdoor. Salah satunya adalah outbound.


    Karena aktivitas ini tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, maka sangat cocok untuk wisatawan yang berwisata secara berkelompok. Setidaknya undang anggota keluarga ataupun teman supaya ramai.


    Biasanya kegiatan ini menjadi pilihan aktivitas untuk acara kantor, instansi atau perusahaan. Tujuannya yakni untuk meningkatkan kekompakan dan kerjasama antar peserta.


    Oleh karena itu, untuk berpartisipasi dalam aktivitas outbound, calon peserta harus menghubungi pihak manajemen terlebih dahulu. Pihak manajemen kemudian akan menyiapkan kebutuhan dan lokasi aktivitas.


    Memberi Makan Kelinci dan Domba


    Nah, aktivitas seru ini sangat cocok untuk anak-anak. Kegiatan ini menyenangkan dan mendidik karena anak-anak akan belajar banyak dari kegiatan ini.


    Misalnya, tingkatkan empati dengan hewan. Atau sekedar tahu makanan yang bisa dimakan kelinci dan domba. Ini sangat sederhana.


    Belajar tentang binatang juga menjadi poin plus dari aktivitas ini. Oh iya, pengunjung dewasa juga bisa memberi makan kelinci dan domba.


    Camping


    Aktivitas outdoor ini bisa menjadi cara yang bagus untuk terhubung dengan alam. Wisata taman ini memiliki tempat perkemahan yang luas. Pengunjung yang ingin berkemah dapat dengan bebas memilih tempat untuk mendirikan tendanya.


    Para tamu juga dapat membawa tenda dan peralatan berkemah sendiri. Atau bagi yang tidak memiliki perlengkapan camping, bisa menyewa perlengkapan camping disini. Sewa relatif terjangkau. Dengan demikian, pengunjung tidak perlu khawatir soal biaya.


    Fasilitas di Lawu Park


    Daftar fasilitas yang tersedia di wisata ini dapat dikatakan cukup lengkap. Sebut saja mushola, tempat parkir, toilet dan kamar mandi, penginapan.


    Ada juga beberapa unit gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat. Jangan lewatkan tempat makan yang menawarkan berbagai menu masakan khas solo untuk dinikmati saat beristirahat.


    Lokasi dan Rute Menuju Lawu Park


    Objek wisata berupa taman hiburan ini terletak di Dusun Bulakrejo, Desa Gondosuli Kudul, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Tempat ini hanya berjarak beberapa kilometer dari Base Camp Gunung Lawu.


    Ada dua cara menuju taman hiburan ini, yaitu jalan dari kota Yogyakarta dan jalan dari kota Semarang.


    Pengunjung kota Jogja dapat memulai perjalanannya ke Solo kemudian dilanjutkan ke kerajaan Karanganyar. Setelah itu, lanjutkan perjalanan kamu ke wilayah Popos.


    Dari titik terakhir ini (Popos), lanjutkan perjalanan ke Negpos dan Plumbon. Jadi dari sini kamu telah dekat dengan tujuan wisata kamu. Ikuti saja jalannya. Ada beberapa arah di sana.


    Jika kamu berasal dari kota Semarang, sebaiknya menggunakan jalan tol Semarang-Solo, dilanjutkan dengan jalan tol Semarang-Ngawi. Setelah keluar dari jalan raya Karanganyar, arahkan kendaraan kamu menuju kawasan Kebakkramat.


    Setelah sampai di Kebakkramat, perjalanan masih cukup jauh karena harus menuju Kabupaten Nangsri, Brujul, Tasikmadu dan Karanganyar. Nah dari sini tinggal menuju Tawangmangu saja.


    Menyewa elf Solo akan menjadi solusi terbaik untuk akses mudah ke taman hiburan. Tidak perlu mengemudi sendiri karena supir siap mengantar kamu untuk berkeliling.



    Jam Operasional Lawu Park


    Taman hiburan di kaki Gunung Lawu ini buka setiap hari mulai pukul 07:30 hingga 22:00 WIB. Namun waktu terbaik untuk berkunjung biasanya pada sore hari setelah pukul 14:00 WIB.


    Pada jam tersebut, matahari tidak terlalu terik, sehingga kamu bisa berjalan dengan nyaman di jalanan. Menunggang kuda semakin menyenangkan saat cuaca lebih sejuk di sore hari.


    Tips Berkunjung ke Lawu Park

    tips berkunjung ke lawu park

    Penting juga bagi kamu untuk mengetahui tips pergi ke taman hiburan ini. Berikut tipsnya:


    1. Kenakan sepatu yang nyaman untuk hiking. Hindari memakai flats, heels, dan sandal jepit. Sepatu yang paling cocok untuk medan taman hiburan ini adalah sepatu olahraga atau sepatu panjat
    2. Gunakan alat transportasi yang menurut kamu paling nyaman. Kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi kamu. Atau jika kamu bepergian dalam grup, bus wisata mungkin merupakan pilihan terbaik.
    3. Pilihlah waktu liburan yang cocok. Waktu liburan yang paling baik yakni pada musim kemarau, tepatnya pada pagi dan sore hari. Saat sore atau dini hari, udara di sini begitu segar
    4. Ajak anak-anak kamu karena taman hiburan ini sangat ramah anak dan begitu pula dengan wahana permainannya.
    5. Kenakan pakaian yang nyaman dan kain yang tebal karena udara di taman hiburan ini sangat dingin
    6. Jika kamu ingin camping, sebaiknya gunakan peralatan camping Selain akan lebih nyaman, kamu juga akan hemat biaya
    7. Jika kamu ingin pergi berkemah, kamu harus menggunakan peralatan berkemah. Selain lebih nyaman, kamu juga akan menghemat uang.
    8. Persiapkan kamera atau smartphone kamu dengan baik untuk mengambil gambar. Pastikan kamera atau smartphone kamu memiliki memori yang cukup untuk menyimpan foto-foto liburan kamu di sini
    9. Prosedur kesehatan harus diikuti untuk keselamatan kamu sendiri dan penumpang lain

    Penginapan di Sekitar Lawu Park


    Ada beberapa tempat menginap di taman hiburan ini. Tentu saja, referensi properti ini di luar aktivitas berkemah. Nama-nama penginapan yang ada di tempat wisata ini adalah sebagai berikut:


    Cottage The Lawu Park


    Konsep utama yang diterapkan yakni cottage. Fasilitas untuk setiap cottage adalah tempat tidur besar, pemanas air, kamar mandi, dan televisi. Tamu yang menginap di sini akan menerima sarapan gratis (2 orang).


    Alamat Jl. Bulakrejo, Dusun Gondosuli Kidul, Desa Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar
    Harga Sewa/ Malam Rp300.000,00

    Lawu Park Glamping


    Ingin berkemah dengan tenda mewah? Pilihannya adalah glamping. Ada beberapa unit tenda yang telah disiapkan untuk para tamu yang ingin mencoba menikmati suasana nightlife disini.


    Sayangnya, biaya menginap dengan gaya glamping lebih mahal. Karena peralatan siap pakai juga lebih canggih. Misalnya, tenda yang digunakan bukanlah tenda biasa.


    Belum lagi fasilitas pendukung mewah lainnya seperti perlengkapan barbeque, tempat tidur dan selimut hangat, water heater dan kamar mandi. Setiap pagi penghuni glamping juga disuguhi sarapan gratis (4 orang).


    Alamat Jl. Bulakrejo, Dusun Gondosuli Kidul, Desa Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar
    Harga Sewa/ Malam Rp500.000,00

    Objek Wisata di Sekitar Lawu Park


    Tidak lengkap rasanya jika tidak membahas beberapa tempat wisata yang berada di sekitaran Taman Rekreasi Lawu. Sebenarnya ada beberapa tempat wisata yang menarik untuk dibahas, loh.


    Misalnya Cemoro Kandang, Taman Wisata Balekandang, Air Terjun Pringgodani dan Bukit Sekipan.


    Cemoro Kandang


    Obyek wisata ini sering menjadi tempat pertemuan para pendaki sebelum mendaki Gunung Lawu. Pengunjung yang singgah di sini bisa mencicipi hidangan khas yang lezat seperti sate kelinci.


    Atau menyeruput secangkir kopi panas Karanganyar sambil menghirup udara dingin Tawangmangu.


    Taman Wisata Balekambang


    Ada banyak tempat menarik untuk berfoto di sini. Tempat-tempat ini tidak lebih dari tiruan atau replika landmark kota terkenal di seluruh dunia. Nuansa dibuat seolah-olah Anda berada di luar negeri.


    Tentunya tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang gemar berfoto. Apalagi dengan dukungan wallpaper menarik seperti landmark terkenal di dunia. Gambar kamu pasti akan mendapatkan banyak suka.


    Setelah berfoto selfie, saatnya bergerak sedikit ke pusat air taman wisata Balekambang. Kamu dapat memilih permainan air yang kamu sukai. Semua perjalanan dijamin aman.


    Air Terjun Pringgodani


    Wisata air terjun alami ini termasuk situs keramat di Tawangmangu. Tempat ini sering menjadi tempat ibadah bagi penganut aliran kepercayaan.


    Di balik keteduhan yang sakral tersebut, air terjun Pringgodani memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Tak heran jika banyak wisatawan berbondong-bondong mengunjungi air terjun ini.


    Informasi lebih lanjut, Air Terjun Pringgodani tergolong air terjun tertinggi di Jawa Tengah. Tingginya sekitar 100 meter. Airnya jernih dan arus airnya juga cukup kencang.


    Bukit Sekipan


    Obyek wisata Bukit Sekipan merupakan destinasi wisata yang bertema monumen dan kota terkenal dunia. Selama kunjungan kamu di sini, kamu akan menemukan banyak landmark kota-kota terkenal di seluruh dunia.


    Atraksi lain yang juga sedang hot saat ini adalah spot foto yang terinspirasi dari Kapal Titanic.


    Tamasya menarik lainnya yang bisa dinikmati di sini adalah mencoba berbagai permainan dengan sensasi berbeda.


    Setelah lelah dan puas dengan kesibukan, saatnya menikmati saat-saat bersantai di resort atau villa terdekat. Ada banyak pilihan villa atau penginapan yang bisa kamu pilih. Tarif dan fasilitasnya juga sangat beragam.


    Demikian informasi tentang taman hiburan di kaki Gunung Lawu dan beberapa tempat wisata di sekitarnya.


    Jika kamu memang ingin menikmati masa liburan dengan nyaman, tidak ada salahnya menggunakan jasa biro perjalanan seperti traveloka, tiket, agoda dan lainnya.


    Biro jasa perjalanan tersebut siap menyambut kamu dengan jaminan pelayanan terbaik. Koleksi dan paket lainnya yang ditawarkan juga sangat lengkap dengan harga yang sangat terjangkau.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini