• Jelajahi

    Copyright © BendPark - Referensi Wisata Terkini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pantai Tanjung Benoa: Ketahui Sejarah, Lokasi dan Daya Tarik-Nya

    09/03/2023, 14:52 WIB Last Updated 2024-09-12T13:18:08Z

    Pantai Tanjung Benoa adalah kawasan kecil di kawasan Nusa Dua Bali dan salah satu tempat wisata yang ramai. Kawasan ini dikenal sebagai pusat segala aktivitas olahraga air (watersport) di Bali.


    Di Pantai Tanjung Benoa Anda bisa menemukan berbagai jenis permainan seperti jet ski, banana boat dan permainan sejenisnya. Selain itu masih banyak hal menarik lainnya yang bisa dilakukan di pantai ini, cek review untuk lebih jelasnya.


    Sejarah Singkat Tanjung Benoa

    pantai tanjung benoa

    Pada tahun 1546, Tanjung Benoa hanyalah sebuah pelabuhan dagang kecil yang sering digunakan oleh para pedagang Tionghoa. Sebagian besar masyarakat Tanjung Benoa saat itu masih berprofesi sebagai nelayan untuk mencari nafkah.


    Seiring berjalannya waktu, para pedagang Tionghoa yang berdatangan memilih menetap dan tinggal di pesisir pantai. Kehadiran masyarakat Tionghoa menambah keragaman objek Wisata Bali ini.


    Tempat wisata di pantai ini sendiri menjadi tempat wisata mulai tahun 1980 saat kawasan BTDC Nusa Dua dibangun. Tempat wisata Bali eksklusif, Resort dan Hotel yang ada di Nusa Dua mendorong laju ekonomi pariwisata Pantai Tanjung Benoa.


    Hingga akhirnya pemerintah Bali memutuskan untuk menjadikan objek wisata ini sebagai pusat wisata bahari Bali. Selain itu, kawasan ini dijadikan sebagai tempat perlindungan, terutama untuk penyu dan mangrove.


    Daya Tarik Pantai Tanjung Benoa


    Tanjung Benoa Bali sudah pasti bisa disebut sebagai surga bagi para pecinta olahraga air (watersport), karena banyak permainan seru yang bisa dimainkan di sini. Keindahan pantai dan ombaknya yang tenang dimanfaatkan oleh para penduduk sekitar dan pihak swasta sebagai tempat melakukan berbagai kegiatan tersebut.


    Selain itu, ternyata tempat wisata ini juga memiliki daya tarik lain yang bisa Anda temukan. Berikut beberapa hal menarik yang menjadi magnet bagi para wisatawan berkunjung ke Pantai Tanjung Benoa.


    Penangkaran Penyu


    Pulau Penyu di perairan Tanjung Benoa merupakan tempat penangkaran penyu yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Untuk menuju pulau ini, wisatawan bisa menyeberang menggunakan glass bottom boat yang berkapasitas 10 orang.


    Dari perahu ini, Anda bisa melihat keindahan bawah laut Tanjung Benoa tanpa harus berenang. Jika beruntung, ikan dan penyu berenang bebas di sekitar terumbu karang yang masih utuh.


    Begitu sampai di Pulau Penyu, Anda bisa mempelajari semua tentang penyu dan berinteraksi secara langsung. Penangkaran ini melahirkan spesies penyu hijau khusus yang sangat langka, mulai dari tukik hingga dewasa.


    Mengajak anak mengunjungi penangkaran ini bisa menjadi paket edukasi yang lengkap. Anda dan anak-anak Anda dapat belajar dan bermain dengan kura-kura dan hewan peliharaan lainnya.


    Hutan Bakau


    Selain penangkaran, Pantai Tanjung Benoa juga memiliki kawasan hutan bakau di sebelah barat. Hutan mangrove ini menjadi habitat banyak hewan, terutama hewan kecil seperti burung dan ikan.


    Padahal, pemerintah Bali menjaga keberadaan hutan mangrove untuk menjaga ekosistem laut dengan baik. Kawasan hutan bakau ini juga dikenal sebagai Kawasan Hutan Raya Ngurah Rai.


    Anda bisa menjelajahi kawasan hutan bakau melalui jalur kayu yang disediakan oleh pengelola. Anda juga bisa menyusuri sungai dengan jet ski dan perahu kecil yang bisa Anda sewa.


    Pokoknya keindahan kawasan Hutan Mangrove Tanjung Benoa masih terlihat eksotik dan mempesona. Jadi sayang apabila Anda melewatkan kunjungan ke tempat seindah hutan bakau ini.


    Belajar Keberagaman


    Di sisi utara pantai Anda akan menemukan keunikan dari dua bangunan berbeda yang saling berdekatan dalam satu tempat. Kedua bangunan tersebut adalah Caow Eng Bio-Buddhist Temple dan Pura Dalem Karang Tengah.


    Tempat ibadah dua agama berbeda hanya berjarak beberapa meter saja dan bisa berjalan harmonis. Arsitektur megah dengan ornamen merah menjadi ciri khas pembangunan kuil.


    Ciri khas bangunan candi yang sederhana namun anggun kini bisa terbaca dari batu berwana hitamnya. Kedua bangunan ini merupakan wujud keberagaman di Tanjung Benoa dimana perbedaan tetap bisa berdampingan.


    Bermain Watersport

    bermain watersport di pantai tanjung benoa

    Daya tarik utama Tanjung Benoa tentu saja permainan air (watersport) yang bisa Anda temukan di sepanjang pantai. Di Tanjung Benoa, Anda bisa mencoba berbagai aktivitas seru seperti bermain jet ski, snorkeling, parasailing, dan flyboarding.


    Di sini juga, fasilitas permainan menjamin keamanan. Anda bisa mengikuti kursus berbagai olahraga air yang membutuhkan keahlian khusus, seperti flyboarding, parasailing, scuba diving, dan lain-lain.


    Perairan pantai yang tenang juga sangat aman dan ideal sebagai tempat berlatih berbagai permainan air tersebut. Anak-anak juga bisa mencoba berbagai permainan yang relatif aman, seperti banana boat dan snorkeling.


    Semua aktivitas tersebut dapat Anda lakukan di tempat wisata ini sepanjang hari dan akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Tak heran jika kemudian banyak paket wisata Bali yang menjadikan tempat wisata ini wajib dikunjungi.


    Harga Tiket Masuk Tanjung Benoa


    Kawasan pantai Tanjung Benoa sendiri tidak memungut biaya masuk bagi wisatawan alias gratis. Namun, permainan air dan berbagai fasilitas lainnya mengenakan biaya yang berbeda, berikut detailnya.


    Kategori Tarif
    Tiket Masuk Pantai Gratis
    Banana Boat Rp. 70.000
    Flying Fish Rp. 150.000
    Jet Ski Rp. 150.000
    Single Parasailing Rp. 80.000
    Rolling Donut Rp. 80.000
    Snorkeling Rp. 150.000
    Pulau Penyu Glass Bottom Boat Rp. 350.000 per kapal
    Intro Scuba Diving Rp. 300.000
    Parkir Mobil Rp. 5.000
    Parkir Bus Rp. 10.000

    Harga yang tercantum dalam tabel dapat berubah sewaktu-waktu dan dapat berbeda tergantung kebijakan masing-masing pengelola. Namun, harga tersebut bisa Anda jadikan acuan sebelum merencanakan liburan ke objek wisata ini.


    Lokasi dan Rute Menuju Tanjung Benoa


    Sangat mudah untuk mengunjungi pantai yang indah di Bali ini karena dekat dengan jalur utama Bali. Alamat persisnya berlokasi di Jl. Segara Geni No.3, Tj. Benoa, Kecamatan Kuta Sel., Kabupaten Badung.


    Jaraknya kurang lebih 22 kilometer dari kota Denpasar atau 36 menit dengan mobil melalui jalan tol Mandara Bali. Waktu tempuh lebih singkat jika Anda terbang dari Bandara Ngurah Rai yang hanya membutuhkan waktu 22 menit dengan menggunakan jasa rental mobil Fortuner Bali.


    Rute pertama melewati Tol Bali Mandara menuju Nusa Dua. Ketika Anda sampai di Nusa Dua, ambil jalan menuju utara lansung ke arah wisata ini dan Anda akan tiba di lokasi lansung.


    Cara praktis untuk mencapai objek wisata ini dengan mudah adalah dengan menggunakan petunjuk arah Google Maps. Dengan cara ini Anda tidak perlu khawatir menemukan rute terbaik ke Pantai Tanjung Benoa.



    Jam Operasional


    Anda bisa mengakses kawasan pantai Tanjung Benoa kapan saja karena tempat ini buka 24 jam sehari. Namun untuk beberapa permainan baru bisa dimainkan mulai pukul 09:00 WITA hingga pukul 16:00 WITA.


    Jam normal ini juga bisa berubah tergantung kondisi cuaca, kadang pukul 11.00 WITA fasilitas olahraga air (watersport) baru bisa Anda mainkan. Karena itu sangat disarankan untuk datang saat musim kemarau agar tidak terganggu oleh cuaca buruk.


    Selain itu, Low Season bisa menjadi pilihan waktu yang pas karena pada saat tersebut kawasan pantai relatif sepi. Low Season biasanya terjadi pada saat bulan April sedangkan High Season pada bulan Desember.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini