• Jelajahi

    Copyright © BendPark - Referensi Wisata Terkini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Garuda Wisnu Kencana: Sejarah, Harga Tiket dan Lokasi-Nya

    16/03/2023, 09:48 WIB Last Updated 2024-09-12T12:58:55Z

    Garuda Wisnu Kencana (GWK) memiliki sejarah panjang dan merupakan salah satu patung paling fenomenal di Bali. Tinggi patung ini mencapai 121 meter dan beratnya mencapai 3000 ton, melebihi Patung Liberty di Amerika.


    Patung ini juga merupakan patung tertinggi ketiga di dunia dan patung tertinggi di Indonesia. Pembuatan patung ini membutuhkan kerja keras selama 28 tahun bekerja sama dengan 120 seniman, termasuk desainer I Nyoman Nuarta.

    garuda wisnu kencana

    Saat Anda melihat ke arah selatan dari bandara atau pesawat, kemegahan bangunan ini akan menarik perhatian Anda. Tidak hanya itu, masih banyak lagi hal seru yang bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi GWK Bali, simak ulasannya di bawah ini.


    Harga Tiket Masuk Garuda Wisnu Kencana


    Anda dapat menikmati semua atraksi dan tempat Wisata Bali di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana dengan membayar tiket masuk. Biayanya cukup terjangkau bagi siapa saja yang datang berikut rinciannya.


    Kategori Tarif
    Wisatawan lokal Rp. 85.000
    Wisatawan asing Rp. 125.000
    Masuk ke Dalam Patung GWK Rp. 200.000
    Sewa Segway Fun Ride Rp. 50.000
    Sewa Segway Adventure GWK Rp. 100.000
    Parkir Motor Rp. 5.000
    Parkir Mobil Rp. 10.000
    Parkir Bus Rp. 20.000

    Harga yang tercantum pada tabel di atas sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Selain itu, tidak semua biaya dicantumkan, seperti biaya restoran dan fasilitas lainnya.


    Anak-anak di bawah usia 5 tahun dan tinggi di bawah 100 cm bebas masuk. Namun, jika memiliki tinggi lebih dari 100 cm, biaya tiket akan berlaku meskipun berusia di bawah 5 tahun.


    Agar liburan Anda lebih terjangkau, ada baiknya berlibur dengan paket tour Bali dari biro perjalanan. Kamu juga bisa menikmati beberapa tempat liburan sekaligus karena biayanya yang lebih murah.


    Rute Menuju Lokasi Garuda Wisnu Kencana

    rute menuju lokasi garuda wisnu kencana

    Wisata patung GWK berlokasi di Taman Budaya GWK Bali, tepatnya di Jl. Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung Bali. Terletak di tengah Kuta Selatan, tempat ini mudah dijangkau dan pasti bisa dilalui.


    Dengan kondisi perjalanan yang lancar, Anda bisa mencapai GWK dari Bandara Ngurah Rai hanya dalam waktu 15-20 menit. Namun kemacetan lebih sering terjadi di kawasan ini karena banyak wisatawan yang beralih ke tempat wisata lainnya.


    Bagi yang berkendara sendiri dapat mencapai tempat ini langsung melalui google maps dan disarankan datang pada pagi hari. Karena pada siang atau malam hari agak sulit menemukan tempat parkir yang kosong di GWK.


    Agar anda tidak bingung saat mencari tempat parkir, anda bisa menggunakan jasa rental mobil innova Bali beserta drivernya. Anda akan diantar menuju lokasi dan langsung turun untuk menikmati GWK, sedangkan driver akan menjemput Anda kembali setelah selesai.



    Jam Buka Garuda Wisnu Kencana


    GWK Cultural Park Bali buka setiap hari mulai pukul 08:00 WITA hingga 22:00 WITA. Biasanya pengujung mulai ramai pada pukul 10.00 WIB dan semakin ramai pada sore hari.


    Atur waktu kunjungan Anda dan nikmati keindahan patung ini. Cek juga media sosial GWK untuk mengetahui event apa saja yang sedang berlangsung untuk membuat kunjungan Anda semakin berkesan.


    Daya Tarik Patung Garuda Wisnu Kencana


    Garuda Wisnu Kencana menjadi salah satu mahakarya yang sudah lama diimpikan oleh masyarakat Bali. Bahkan sebelum patung ini jadi, tempat wisata ini sudah ramai pengunjung.


    Letaknya yang strategis dan berada di puncak bukit menjadi salah satu nilai tambah dari tempat ini. Selain itu, banyak alasan mengapa patung ini menjadi tujuan wisata yang populer bagi wisatawan yang datang ke Bali, berikut lebih jelasnya:


    Patung Garuda Wisnu Kencana

    patung garuda wisnu kencana

    Keberadaan patung GWK menjadi daya tarik tersendiri dari kawasan GWK ini. Patung yang menggambarkan Dewa Wisnu menunggangi Garuda terbuat dari tembaga dan kuningan yang dipadukan dengan baja beton yang kuat.


    Proses konstruksi dilakukan secara bertahap sejak tahun 1990 dan baru selesai pada tahun 2018. Arca ini dapat dilihat dari jarak 20 km yang meliputi sebagian besar Bali Selatan.


    GWK Cultural Park Bali


    Patung Garuda Wisnu Kencana sendiri berada di dalam kawasan Taman Budaya GWK Bali atau dengan nama lain GWK Cultural Park Bali. Kawasan inilah yang menjadi alasan mengapa banyak wisatawan datang mengunjungi patung GWK yang belum selesai dibangun.


    Awalnya tempat ini adalah tambang batu kapur tua. Di sini, selain patung GWK, wisatawan bisa melihat misalnya berbagai tempat menarik dan pertunjukan seni oleh pengelola.


    Plaza Wisnu


    Terletak di titik tertinggi GWK, Plaza wisnu merupakan tempat diletakkannya patung badan Dewa Wisnu. Tempat ini juga sering menjadi tempat pertunjukan budaya seperti kirab budaya, pertunjukan tari dan lain-lain.


    Lotus Pond


    Lotus Pond merupakan area terbuka luas yang terdiri dari tebing batu kapur yang berfungsi sebagai gerbang utama sebelum menuju patung GWK. Lahan yang luas dapat menampung hingga 7.500 orang, sehingga tempat ini sering mengadakan konser atau acara berkapasitas besar.


    Plaza Kura-Kura

    plaza kura kura di garuda wisnu kencana

    Tempat selanjutnya yang tak kalah indahnya yakni Plaza Kura-Kura, di mana terdapat sebuah kolam dengan air mancur batu berukir yang dikelilingi pepohonan Kamboja. Lingkungan yang asri dan filosofi dari nama kura-kura ini merepresentasikan menjaga alam dari bencana alam agar tetap tenang, aman dan nyaman.


    Amphitheatre Pentas Seni


    Anda tidak hanya dapat merasakan kemegahan patung Garuda Wisnu Kencana, tetapi Anda juga dapat menikmati pertunjukan seni di Amphitheatre. Anda bisa melihat pertunjukan tari seperti tari Kecak, tari Barong dan Ballet Garuda Wisnu.


    Pertunjukan ini biasanya bergantian dari pukul 10:00 WITA sampai dengan pukul 21:00 WITA. Berikut jadwal pentas seni yang diadakan di GWK Cultural Park Bali.


    GWK Loop


    Jika Anda tidak ingin lelah berkeliling kawasan GWK Cultural Park, GWK loop atau Segway Fun Ride tersedia di sini. Anda hanya membayar beberapa puluh ribu dan dapat berkeliling di seluruh situs GWK tanpa merasa lelah.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini