• Jelajahi

    Copyright © BendPark - Referensi Wisata Terkini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Bukit Pengilon: Harga Tiket Masuk, Lokasi Camping dan Sunset-Nya

    12/02/2024, 22:01 WIB Last Updated 2024-09-12T07:06:00Z

    Bukit Pengilon adalah lokasi yang harus dikunjungi bagi mereka yang ingin menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah dalam kedamaian. Salah satu tempat populer di Jogja ini menawarkan pemandangan pantai yang menakjubkan dari atas tebing.

    bukit pengilon

    Pemandangan perbukitan yang sunyi dan damai adalah tempat yang sempurna untuk kamu yang ingin berkemah dan menyembuhkan diri di tepi pantai. Bagi kamu yang menyukai hiking atau ingin memuaskan hobi fotografi, jalur yang menantang ini pasti menyenangkan.


    Tetapi di samping itu, masih terdapat banyak hal menarik lain yang dapat ditemukan di bukit ini:


    Sekilas Tentang Bukit Pengilon Jogja


    Bukit Pengilon di Wonosari adalah destinasi wisata alam yang terletak di daerah pesisir Gunung Kidul. Dengan pemandangan indah dari tebingnya, pengunjung dapat menikmati panorama Samudera Hindia yang spektakuler. Lokasi wisata alam ini juga sangat populer untuk menikmati pemandangan matahari terbenam dan terbit.


    Karena alasan ini, tempat pariwisata pantai dan bukit ini menghadirkan atmosfer yang tidak biasa dari sebagian besar pantai di Gunung Kidul. Di tempat ini, kamu dapat menikmati padang rumput yang hijau di puncak bukit yang ideal untuk berkemah.


    Lahan rumput tersebut menjadi pemandangan yang menyejukkan di tengah teriknya sinar matahari. Berkat angin laut yang berhembus, udara di lokasi ini terasa segar dan menyegarkan, membuat suasana menjadi lebih nyaman.


    Bentuk topografi bukit ini juga istimewa karena masih terhubung dengan Gunung Purba Batur. Bukit ini mayoritas terdiri dari batuan cadas yang telah ada selama ribuan tahun.


    Rute Menuju Lokasi Bukit Pengilon

    rute menuju lokasi bukit pengilon

    Bukit indah ini terdapat di daerah hutan di Desa Wates, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Jarak dari pusat kota Jogja lumayan jauh, diperlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan mobil apabila jalannya tidak macet.


    Oleh sebab itu, sebelum memulai perjalanan ke tempat tujuan, pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu tingkat kemacetan lalu lintas dan juga kondisi kendaraan kamu. Jalur yang harus kamu lewati untuk mencapai lokasi tersebut sangat sulit dan tidak mudah dilalui.


    Oleh karena itu, disarankan untuk memanfaatkan layanan rental innova reborn yang terjangkau di Jogja dari Biro Perjalanan Wisata ata Travel. Dengan armada mobil yang selalu dalam kondisi terbaik, dan didukung oleh sopir berpengalaman, perjalanan kamu ke tempat ini akan menjadi lebih lancar dan nyaman.


    Kamu dapat memilih jalur perjalanan melalui Jalan Raya Jogja-Wonosari, kemudian melanjutkan ke arah Kecamatan Tepus dengan destinasi Pantai Siung atau Wediombo.


    Kamu akan menemukan pos pembayaran di sini, harap belok ke kanan dan menuju ke Pantai Watu Lumbung. Mohon tinggalkan kendaraan kamu di lokasi parkir ini. Kamu harus berjalan kaki ke Pengilon yang jarak tersisa.


    Lumrah jika kamu ingin singgah sebentar di Watu Lumbung hanya untuk makan siang setelah lelah berkendara selama 2 jam. Tempat ini merupakan tempat tujuan utama untuk para wisatawan yang ingin menikmati kuliner khas Jogja ketika berkunjung ke bukit ini.


    Makanan tradisional di Watu Lumbung ini dikenal memiliki cita rasa yang luar biasa. Banyak pengunjung yang merasa senang datang ke tempat ini untuk menyembuhkan kerinduan mereka akan makanan khas pedesaan. Misalnya, beberapa contoh makanan yang menggunakan sayur kluwih, bobor, lodeh, oseng kacang panjang, dan sebagainya.


    Jam Buka Wisata Bukit Pengilon


    Bukit Pengilon dapat dikunjungi setiap hari, termasuk hari libur nasional, tanpa batasan jam operasional karena buka 24 jam sehari, tujuh hari seminggu.


    Hari Jam Buka
    Senin – Minggu 24 Jam

    Kamu sebaiknya datang ke tempat ini pada akhir musim panas atau sebelum musim hujan dimulai agar dapat menikmati pengalaman yang terbaik.


    Karena pada saat musim hujan, jalur menuju ke puncak bukit akan tetap menjadi basah dan berlumpur sehingga akan licin ketika diinjak. Di samping itu, pilihan kegiatan yang terbatas selama musim hujan di daerah ini.


    Harga Tiket Masuk Bukit Pengilon


    Harga tiket masuk ke Bukit Pengilon masih sangat terjangkau, hanya sekitar Rp2. 000,00 sampai Rp5000,00 per individu Jika kamu ingin berkemah di tempat wisata populer Gunung Kidul, kamu hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp20. 000,00 saja


    Retribusi Tarif
    Tiket Masuk Rp2.000,00 – Rp5.000,00 per orang
    Biaya Izin Camping Rp20.000,00 per tenda
    Ojek + Tiket Masuk Rp20.000,00 per orang
    Parkir Sepeda Motor Rp5.000,00 per unit
    Parkir Mobil Rp10.000,00 per unit

    Harga masuk tetap sama, apakah kamu mengunjungi tempat ini pada hari kerja atau saat libur akhir pekan dan libur nasional. Tidak ada kenaikan biaya bahkan saat musim sibuk.


    Dengan harga tiket yang terjangkau ini, pasti kamu bisa menggunakan uang sisa liburanmu untuk hal-hal lain selama liburan. Contohnya, saat pulang dari Pengilon, kamu bisa membeli oleh-oleh khas Jogja di sekitar Malioboro.


    Daya Tarik Wisata Bukit Pengilon

    Bukit ini benar-benar istimewa karena menjadi satu-satunya tempat yang memberikan akses mendekati semua keindahan Gunung Kidul. Dari puncak bukit, kamu bersama pengunjung lainnya bisa dengan bebas menikmati kecantikan matahari terbit dan terbenam.


    Kenapa disebut leluasa. Karena sejauh pandangan kamu melihat, tak ada rintangan seperti pohon, batu karang, atau benda lain yang menghalangi pandangan. Jika kamu melihat ke arah Barat, kamu akan menemukan keindahan alam dari Pantai Siung dan Pantai Banyu Nibo yang sangat eksotis.


    Di sebelah timur, terdapat dua pantai yang dapat dilihat, yakni Pantai Watu Lumbung dan Pantai Wediombo. Pantai ini terkenal karena batu karangnya yang cantik dan besar.


    Karena ukurannya yang besar, batu karang ini terlihat seperti bukit. Dari ketinggian, batu-batu karang ini akan tampak lebih spektakuler, terutama jika dilihat dari puncak Pengilon.


    Bukit yang ditumbuhi oleh rumput hijau sering digunakan sebagai tempat berkemah oleh para pengunjung. Tempat perkemahan ini sangatlah menyenangkan karena lokasinya yang terletak di atas bukit dan juga pemandangan indah yang menawan.


    Tidak wajib bagi pengunjung untuk berkemah di sini. Banyak orang di antara mereka yang hanya berjalan-jalan dengan tenang atau duduk santai sambil menikmati pemandangan laut atau mengambil foto-foto yang ceria.


    Salah satu hal yang membuat bukit ini istimewa adalah adanya anjing penjaga bernama Kapuk di Bukit Pengilon. Seekor anjing yang bersahabat akan memberikan bantuan dan menemani setiap pengunjung selama perjalanan naik ke puncak bukit.


    Fasilitas di Kawasan Wisata Bukit Pengilon

    fasilitas di kawasan wisata bukit pengilon

    Meskipun keduanya terletak di bukit yang menawarkan pemandangan alam yang indah, Pengilon dan Watu Amben memiliki perbedaan dalam hal fasilitas yang mereka tawarkan.


    Fasilitas di Watu Amben sangat komprehensif. Terdapat sejumlah besar kafe dan restoran wisata di wilayah tersebut. Fakta ini benar-benar bertolak belakang dengan Pengilon dalam semua aspek.


    Karena akses ke bukit ini kurang optimal dan lokasinya agak terpencil, fasilitas umum di tempat wisata bukit masih sangat terbatas. Toilet umum masih belum tersedia. Terlebih lagi, kelengkapan fasilitas restoran.


    Oleh sebab itulah, apabila hendak berkemah di lokasi ini, pastikan kamu membawa persediaan makanan dan minuman yang mencukupi. Jika diperlukan, persiapkan makanan khas daerah Gunung Kidul yang dapat bertahan lama saat perjalanan seperti walang goreng.


    Disamping itu, untuk para pengunjung yang membawa mobil, terdapat tempat parkir yang telah disediakan oleh penduduk setempat. Walaupun hanya sebidang tanah biasa, lapangan parkir ini diawasi secara ketat oleh penduduk yang bertanggung jawab sehingga dapat dipastikan akan sangat terjamin keamanannya.


    Itulah beberapa informasi tentang wisata bukit di Yogyakarta ini. Semoga dengan adanya informasi ini, kamu memiliki tambahan pilihan tempat liburan yang baru di Jogja.


    Nikmati berbagai manfaat dengan bergabung sebagai peserta perjalanan wisata satu hari di Jogja dengan harga yang terjangkau dari Biro perjalanan atau travel yang menawarkan promo tersebut. Biarkan perjalanan liburan di Bukit Pengilon kali ini menjadi yang paling memukau.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini